Museum Nasional ( Museum Gajah ), Club Masak
Museum Nasional ( Museum Gajah ), Club Masak

Jakarta Pusat adalah pusat perekonomian, politik, dan macet di Jakarta, banyak juga pusat perbelanjaan berupa mall, namun bukan berarti tidak ada tempat wisata di Jakarta Pusat selain mall. Berwisata di Jakarta Pusat tidak harus selalu ke mall namun bisa juga ke tempat-tempat menarik lainnya. Berikut adalah 10 tempat wisata di Jakarta Pusat selain mall yang bisa anda kunjungi bersama keluarga anda ataupun kunjungan wisata dari sekolah atau acara tertentu.

Masjid Istiqlal, Club Masak
Masjid Istiqlal, Club Masak

1. Monas

Monumen Nasional atau Monas adalah ikon dari kota Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan. Monas adalah sebuah tugu dengan tinggi 132 meter dengan sebuah lidah api yang dibuat dengan emas di ujung atasnya. Berlokasi di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, banyak aktifitas yang dapat anda lakukan di tempat ini, diantaranya menikmati pemandangan dari puncak monas, mengunjungi museum yang berisi diorama, melihat relief sejarah Indonesia, mendengar rekaman proklamasi, hingga berpiknik dan bersepeda. Monas juga sering sekali digunakan sebagai tempat acara besar, seperti pesta tahun baru, dan lain-lain. Monas juga menjadi tempat wisata yang dari dulu hingga sekarang selalu ramai pengunjung siang ataupun malam hari mereka datang untuk melihat keindahan tugu monas ini.

Monas, Club Masak
Monas, Club Masak

2. Gereja Katedral

Gereja Katedral yang beralamat di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Pusat ini terkenal karena desainnya yang bergaya eropa pada masa lalu. Selain terbuka untuk umatnya, Gereja Katedral juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjungi. Banyak wisatawan, dan rombongan anak sekolah yang datang berkunjung ke gereja yang memiliki suasana tenang dan damai ini. Gereja Katedral sangat terawat dengan baik, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat dengan bangunan yang paling indah. Selain itu, Gereja Katedral juga memiliki museum dengan nama Museum Katedral. Museum ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Jakarta dengan kategori cagar budaya. Tempat beribadah ini juga bisa menjadi tempat wisata bagi anda yang baru datang ke Jakarta untuk melihat keindahan gereja katedral. Banyak juga orang yang kesini untuk sekedar melihat dan adapun yang beribah ke tempat yang tentunya dekat sekali dengan monas.

Geraja Ketedral, Club Masak
Geraja Ketedral, Club Masak

3. Kota Tua

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama, adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua Jakarta terletak di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Saat ini, kawasan Kota Tua berada di dua wilayah kotamadya, yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua sebagai cikal bakal Jakarta, tentunya menyimpan banyak cerita di balik megahnya bangunan (tua) cagar budaya peninggalan masa lalu dari zaman kolonial Belanda.

Kota Tua, Club Masak
Kota Tua, Club Masak

Kota Tua Jakarta, daerahnya berbatasan sebelah utara dengan Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kalapa dan Laut Jawa, sebelah Selatan berbatasan dengan jalan Jembatan Batu dan jalan Asemka, sebelah Barat berbatasan dengan Kali Krukut dan sebelah Timur berbatasan dengan Kali Ciliwung. Kota Tua Jakarta di masa lalu merupakan kota rebutan yang menjadi simbol kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya. Tak heran jika mulai dari Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda –Pajajaran, Kesultanan Banten –Jayakarta, Verenigde Oost-indische Compagnie (VOC), Pemerintah Jepang, hingga kini Republik Indonesia melalui Pemerintah DKI Jakarta, terus berupaya mempertahankannya menjadi kota nomor satu di negara ini. Karena tempat ini juga menjadi tempat paling ramai bagi orang-orang yang berada di Jakarta pasti mereka berwisata ke kota tua untuk sekedar berfoto dan juga melihat museum yang ada di Kota Tua.

4. Museum Nasional ( Museum Gajah )

Museum Nasional, atau populer dengan sebutan Museum Gajah adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Ciri khas dari museum ini adalah adanya sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu, pemberian dari Raja Thailand dan diletakan di depan pintu museum. Museum Gajah adalah tempat wisata di Jakarta Pusat yang selain rekreatif, juga edukatif dan kultural. Koleksi yang dimiliki museum ini berupa peninggalan sejarah seperti prasasti, keramik, barang-barang perunggu, tekstil, patung, alat musik tradisional, perhiasan kuno, wayang kulit, tengkorak manusia purba, dan lain-lain dengan total koleksi lebih dari 140,000 barang. Tempat ini juga menjadi salah satu pilihan dari sekolah-sekolah untuk belajar mengenaii sejarah yang ada di kota Jakarta ini.

Museum Nasional ( Museum Gajah ), Club Masak
Museum Nasional ( Museum Gajah ), Club Masak

5. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106 adalah museum yang memiliki koleksi benda dan foto yang berhubungan erat dengan salah satu peristiwa sejarah yang paling penting, yaitu Sumpah Pemuda tahun 1928. Total jumlah koleksi barang bersejarah yang dimiliki Museum Sumpah Pemuda adalah hampir 3,000 barang, sehingga museum ini sangat cocok untuk wisata sejarah.  Sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat dan dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Museum ini dibuka untuk umum, setiap hari Selasa sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 hingga 15.00 UTC+7, setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00—14.00 WIB, dan setiap hari Senin dan hari besar nasional, museum ini ditutup untuk umum.

Museum Sumpah Pemuda, Club Masak
Museum Sumpah Pemuda, Club Masak

Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional.

6. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi adalah tempat wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sering disebut sebagai tugu petir, tempat ini adalah simbol peringatan proklamasi kemerdekaan kita. Tugu proklamasi berdiri di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, dan merupakan tempat dibacakannya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saat ini, lokasi ini sering digunakan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, dan juga sering menjadi tempat berkumpulnya para demonstran yang ingin memberikan pendapat.

Tugu Proklamasi, Club Masak
Tugu Proklamasi, Club Masak

Tugu Proklamasi atau Tugu petir adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat. Pada kompleks juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Di tengah-tengah dua patung proklamator terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya. Setelah era reformasi, selain menjadi tempat yang spesial untuk acara peringatan Hari Kemerdekaan RI tiap tahunnya, lokasi ini pun menjadi tempat pilihan bagi berkumpulnya para demonstran untuk menyuarakan pendapat-pendapatnya. Lain halnya ketika sore menjelang. Pada hari-hari yang biasa, para penduduk yang tinggal tak jauh dari lingkungan taman ini kerap berkunjung ke Tugu Proklamasi untuk berbagai aktivitas. Tempat ini menjadi tempat favorit anak-anak bermain, arena berolahraga, tempat berkumpul dan bertemu, atau hanya untuk duduk-duduk saja menghabiskan sore hingga senja datang.

7. Museum Taman Prasasti

Terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Tanah Abang No. 1, Museum Taman Prasasti adalah sebuah peninggalan Belanda yang dulunya merupakan sebuah kuburan. Usia makam yang sangat tua membuat tempat ini terkesan angker dan menakutkan, namun banyak sekali orang yang suka berfoto-foto di sini karena suasana tersebut. Koleksi yang dimiliki museum dengan luas lebih dari 1 hektar ini adalah berupa prasasti, nisan, kereta jenazah, dan miniatur makam. Benda-benda di sini bukan sembarang peninggalan kuno, namun juga merupakan karya seni dari masa lampau.  Sebuah museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno serta miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia, beserta koleksi kereta jenazah antik. Museum seluas 1,2 ha ini merupakan museum terbuka yang menampilkan karya seni dari masa lampau tentang kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan yang menyatu.

Museum Taman Prasasti, Club Masak
Museum Taman Prasasti, Club Masak

8. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki adalah wadah seni dan budaya di Jakarta. Berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Taman Ismail Marzuki memiliki balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop, dan 6 teater modern. Selain itu, di tempat ini juga terdapat Planetarium yang merupakan tempat wisata pendidikan benda-benda langit, dan Institut Kesenian Jakarta yang merupakan sekolah seni. Taman Ismail Marzuki secara rutin menggelar berbagai macam acara pentas seni, di antaranya adalah pertunjukan wayang, puisi, drama, tari, musik, lukisan, dan film. Berbagai jenis kesenian tradisional dan kontemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri juga dapat ditemukan di tempat ini. Nama pusat kesenian ini berasal dari nama pencipta lagu terkenal Indonesia.

Taman Ismail Marzuki, Club Masak
Taman Ismail Marzuki, Club Masak

9. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat adalah tempat ibadah umat Islam yang juga berfungsi sebagai tempat wisata religi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar negeri yang beragama Islam. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sekitar 200,000 orang, menara setinggi 90 meter, dan diameter kubah selebar 45 meter. Banyak wisatawan asing yang suka datang ke Masjid Istiqlal dengan tujuan mempelajari Islam. Setiap hari besar Islam, Masjid Istiqlal selalu padat oleh umat, bahkan Presiden Indonesia juga selalu ikut kegiatan keagamaan di sini. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah.

Masjid Istiqlal, Club Masak
Masjid Istiqlal, Club Masak

Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik di samping sebagian wisatawan asing yang beragama Islam. Masyarakat non-Muslim juga dapat berkunjung ke masjid ini setelah sebelumnya mendapat pembekalan informasi mengenai Islam dan Masjid Istiqlal, meskipun bagian yang boleh dikunjungi kaum non-Muslim terbatas dan harus didampingi pemandu.

10. Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )

Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan menjadi konsep dari TMII. Disini, kamu akan melihat miniatur yang merepresentasikann budaya dari seluruh 33 provinsi di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah jua merupakan tempat wisata di Jakarta Pusat yang cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta.berbagai wahana menarik yang bisa kamu nikmati di Taman Mini Indonesia Indah adalahkereta gantung, kolam renang Snow Bay, taman Among Puro, taman Ria Atmaja, serta masih ada banyak wahana lain yang menarik. Selain wahana, TMII juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi yang cocok untuk anak sekolah.

Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )
Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )

Berikut kami bagikan informasi tempat wisata di Jakarta yang bisa anda datangi bersama keluarga tercinta dan selain anda bisa berwisata anda bisa sambil belajar mengenal sejarah yang ada di Indonesia ini termasuk di Jakarta. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya ya.