Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak
Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak

Jakarta Selatan merupakan sebuah Kota di DKI JAKARTA, Kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Jakarta Selatan. Jakarta Selatan punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak
Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Jakarta Selatan yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi.

1. Pusat Primata Schmutzer

Schmuter Primate Center adalah sebuah konservasi khusus primata yang ada di dalam kebun binatang Ragunan. Kendati berada di dalam area Ragunan, Schmutzer Primate Center merupakan bagian yang berbeda dari kebun binatang. Untuk masuk ke dalam, Anda juga perlu membayar tiket masuk lagi. Dibuka pada tahun 2000, tempat ini diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta pada saat itu, yaitu Bapak Ir. Sutiyoso. Pengelolaan Schmutzer Primate Center bersifat ketat dan terjaga dengan rapi. Di dalamnya, terdapat berbagai spesies primata dari Indonesia dan berbagai negara lain yang ditempatkan di sebuah enklosur yang mirip dengan habitatnya masing-masing. Oleh karena itu, setiap pengunjung yang datang diperiksa di pintu masuk dan dilarang membawa makanan ke dalam. Ini untuk menghindari pengunjung memberikan makanan yang berbahaya bagi hewan yang ada di dalam konservasi. Tiket untuk masuk ke pusat primata ini adalah Rp6.000 per orang pada hari Selasa – Jumat, dan Rp 7.500 per orang untuk hari Sabtu – Senin. Sedangkan, jam buka Schmutzer Primate Center mengikuti jam operasional kebun binatang Ragunan yaitu setiap hari pada pukul 06:00 – 16:00 WIB.

Pusat Primata Schmutzer, Club Masak
Pusat Primata Schmutzer, Club Masak

2. Pondok Indah Water Park

Berada di Jalan Metro Pondok Indah, lokasi The Wave Pondok Indah Water Park bersebelahan dengan Pondok Indah Mall. Tempat wisata di Jakarta Selatan ini pas sekali untuk tujuan rekreasi keluarga karena tempatnya yang menyenangkan dan lengkap dengan fasilitas. Total, ada tujuh wahana air yang bisa memenuhi semua kebutuhan anggota keluarga. Bagi yang ingin berenang sambil olah raga, bisa masuk ke area Olympic Swimming Pool yang memiliki kedalaman dan ukuran standar olah raga. Selain itu, ada Aqua Play yang cocok bagi anak-anak dengan permainan seperti ember tumpah dan seluncur yang aman.

Pondok Indah Water Park, Club Masak
Pondok Indah Water Park, Club Masak

Wahana lain adalah seluncur Whizzard Slide dan Tube Slide yang menantang, Lazy River yang cocok untuk bersantai, serta The Wave & Sandy Beach yang memiliki ombak dan pasir seperti pantai sungguhan. Terakhir, ada Flow Rider yang merupakan simulasi surf yang bisa membuat ombak untuk Anda naiki di atas papan selancar. Tiket masuk ke The Wave Pondok Indah Water Park adalah Rp100.000 untuk hari Senin – Sabtu, dan Rp150.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Tiket bisa lebih murah untuk pengunjung yang datang di atas pukul 18:00 WIB. Khusus untuk Flow Rider, Anda harus membeli tiket tambahan sebesar Rp55.000 per orang. Setiap hari, tempat wisata ini buka dari pukul 06:00 – 21:00 WIB.

3. Taman Margasatwa Ragunan

Objek wisata di Jakarta Selatan yang satu ini ternyata adalah kebun binatang pertama di Indonesia! Kebun Binatang Ragunan dibangun pada tahun 1864. Kebun binatang yang menempati lahan dengan luas 140 hektar ini mempunyai koleksi berbagai satwa hingga lebih dari 3000 ekor. Dan sekitar 90% dari koleksi berbagai macam satwa di Kebun Binatang Ragunan ini adalah hewan-hewan asli dari negeri kita sendiri. Karena Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama dan terbesar di Indonesia, maka disini terdapat Pusat Primata Schumyzer yaitu pusat pelestarian primata yang juga merupakan pusat pelestarian primate terbesar di dunia. Wah ternyata Kebun Binatang Ragunan keren juga ya? Karena di Kebun Binatang Ragunan banyak tumbuh pohon-pohon besar yang rindang di kompleks kebun binatang, maka kamu tidak akan kepanasan saat mengelilingi kebun binatang yang luas ini. Suasananya yang sejuk dengan hutannya, membuat Kebun Binatang Ragunan mirip dengan Kebun Raya Bogor.

Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak
Taman Margasatwa Ragunan, Club Masak

Kalo ada teman-teman kamu yang bilang Kebun Binatang Ragunan itu kotor dan nggak ada yang bisa dilihat maka pendapat teman-teman kamu salah besar. Bapak Ahok selaku Gubernur DKI telah merenovasi dan juga sudah memberlakukan bebas pedagang kaki lima. Di Kebun Binatang Ragunan juga sudah dijalankan sistem audit sehingga satwa-satwa berharga yang ada disana terawat dengan baik sehingga bisa mengibur para pengunjung kebun binatang. Ada rumor bahwa Pemerintah DKI mempunyai wacana untuk merombak konsep dari Kebun Binatang Ragunan. Katanya nih, kebun binatang ini akan diubah menjadi seperti taman hiburan seperti Dufan. Kita tunggu saja benar atau tidaknya rumor ini ya. Ada berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati disini antara lain Taman Perahu, Rakit Wisata, Taman Satwa Anak, dan Pusat Informasi. Kebun Binatang Ragunan berlokasi di daerah Ragunan, Pasar Minggu, atau lebih lengkapnya berada di Jl. R.M. Harsono No 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan cocok sebagai wisata untuk keluarga.

4. Taman Langsat

Tempat wisata Jakarta Selatan selanjutnya adalah Taman Langsat. Mungkin nama taman ini masih asing ditelinga kamu, tapi dijamin tidak menyesal jika berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Selatan yang murah satu ini. Taman Langsat ini sangat bersih dan bisa dijadikan sebagai tempat piknik saking bersih dan nyamannya. Taman Langsat berada di seputar Jalan Ahmad Dahlan, di belakang Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kamu tidak akan menemukan sampah disini karena memang kebersihan di Taman Langsat sangat oke. Fasilitas permainan seperti ayunan atau perosotan juga ada dan beragam. Ada juga jogging track dan area refleksi kaki. Nongkrong di Taman Langsat semakin betah karena disediakan Wi-Fi gratis.

Taman Langsat, Club Masak
Taman Langsat, Club Masak

5. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala dibuka pada tahun 1972 di atas sebuah tanah seluas lebih dari 5 hektar di Jalan Gatot Subroto. Museum ini merupakan pusat sejarah yang menyajikan koleksi senjata perang seperti tank, pesawat tempur, rudal, meriam, senapan, bambu runcing, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat koleksi diorama yang memiliki cerita unik masing-masing dan juga benda-benda bersejarah lainnya seperti mobil dengan bekas tembakan. Biasanya anak lelaki sangat menyukai tempat ini karena banyak sekali benda-benda yang mirip sekali dengan mainan mereka.

Museum Satria Mandala, Club Masak
Museum Satria Mandala, Club Masak

6. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang sangat cocok untuk kamu yang merupakan penggemar penggemar layang-layang. Kunjungilah Museum Layang-Layng yang berada di Jalan H. Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum Layang-Layang memiliki koleksi layang-layang lebih dari 600 koleksi. Koleksi layang-layang ini berasaladari berbagai negara seperti Vietnam, Tiongkok, Jepang, bahkan ada layang-layang yang berasal dari Belanda juga. Ada layang-layang unik yang berupa miniature yang berukuran 2 cm dan ada juga layang-layang raksasa dengan ukuran 9 x 26 cm bernama Megaray. Disini kamu bisa membuat layang-layang, melukis layang-layang, bahkan melukis kaos atau wayang juga lho. Tentunya ini adalah tempat wisata yang bisa menambah pengetahuan kamu. Nikmati indahnya momen nostalgia bermain layang-layang sewaktu kecil di Museum Layang-Layang yang buka pada pukul 9 sampa pukul 16 setiap harinya kecuali hari libur.

Museum Layang-Layang, Club Masak
Museum Layang-Layang, Club Masak

7. Taman Ayodya

Terletak tidak jauh dari Taman Langsat, Taman Ayodya sering jadi tempat berkumpulnya anak muda di siang dan malam hari. Luasnya hanya sekitar 1.800 meter persegi, tetapi lokasinya yang strategis serta desainnya yang cocok untuk nongkrong menjadi beberapa keunggulannya. Di tengah taman, terdapat sebuah kolam buatan lengkap dengan air mancur. Di sekeliling taman, terdapat jogging track dan undak-undakan yang berfungsi sebagai tempat duduk. Karena desainnya melingkar, seluruh tempat duduk menghadap ke air mancur sebagai pusat perhatian. Selain itu, taman ini tentunya rindang dan hijau dengan tanaman yang terawat dengan baik.

Taman Ayodya, Club Masak
Taman Ayodya, Club Masak

Taman ini berada di kawasan Barito yang menjadi persimpangan dari empat jalan utama yaitu Jalan Mahakam, Jalan Barito, Jalan Lamandau, dan Jalan Melawai. Untuk ke sini, Anda bisa berjalan kaki dari Taman Langsat, atau naik metromini nomor S72 dari Pondok Indah.

8. Setu Babakan

Ada tempat wisata yang ada Jakarta Selatan yang merupakan situs budaya yaitu Setu Babakan. Setu Babakan adalah sebuah danau disebuah area dengan luas 30 hektar yang terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Air dari Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung namun airnya bersih. Disini kamu bisa juga mengunjungi pusat perkampungan budaya Betawi. Setu Babakan adalah tempat untuk melestarikan bidaya Betawi. Nikamti kuliner khas Betawi seperti soto betawi, kerak telor, bir pletok atau es duren. Pertunjukan seperti Lenong, Tari Topeng, Mawaris, Tanjidor, dan Gambang Kromong bisa kamu lihat disini. Jangan lupa mampir ke rumah tradisional Betawi.

Setu Babakan, Club Masak
Setu Babakan, Club Masak

9. Museum Di Tengah Kebun

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang belum banyak diketahui orang. Bahkan, pengunjung diharuskan membuat pemesanan dan perjanjian jadwal kedatangan terlebih dahulu sebelum bisa mengunjungi Museum Di Tengah Kebun ini. Dengan jadwal pengunjung yang terkesan eksklusif, tentunya museum ini tidak akan mengecewakan. Museum Di Tengah Kebun beralamat di Jalan Kemang Timur Raya nomor 66, Jakarta Selatan. Di dalamnya, terdapat sekitar 4.000 koleksi benda bersejarah dari berbagai negara termasuk Indonesia. Berdiri dari tahun 1980, museum ini dimiliki pribadi oleh seorang pengusaha bernama Sjahrial Djalil.

Museum Di Tengah Kebun, Club Masak
Museum Di Tengah Kebun, Club Masak

Yang unik, museum ini awalnya dibangun di atas rumah pribadi beliau dan penataannya tidak dibuat seperti museum pada umumnya. Jika museum biasanya menata rapi koleksinya, museum ini tampil apa adanya dengan penempatan barang-barang dibuat seperti berada di dalam satu ruangan dengan tema yang berkesinambungan. Misalnya saja, ruangan bernama Dewi Sri menampilkan peralatan masak dan makan dari berbagai budaya, berkaitan dengan nama ruangannya, Dewi Sri, yang merupakan Dewi Padi dalam kepercayaan budaya Jawa. Pengunjung tidak perlu membayar tiket apa pun untuk masuk ke museum ini. Namun begitu, jumlah pengunjung minimum dalam satu kali kunjungan adalah 10 orang. Anda pun perlu melakukan reservasi via telepon terlebih dahulu. Biasanya, jadwal kunjungan adalah setiap hari Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu pada pukul 09:45 – 12:00 WIB dan 12:45 – 14:30 WIB. Salah satu angkutan umum yang melewati lokasinya adalah metromini S77 jurusan Blok M – Ragunan.

10. The Escape Hunt

Dapatkan pengalaman baru dalam memecahkan masalah kriminal dengan The Escape Hunt. Tempat wisata di Jakarta Selatan ini beralamat di Kemang Raya nomor 15. Yang membuat permainan ini menarik adalah karena belum pernah ada permainan seperti ini di Indonesia. Dengan tiga tema yang berbeda, pengunjung akan diminta untuk memilih tema dan menyelesaikan masalah yang ada. Tiga tema tersebut adalah Explosion in The Kitchen Room, Murder in The Bedroom, dan Kidnapping in The Study Room. Anda harus mencari pelaku atau penyebab kejadian dengan menggunakan petunjuk yang ada. Di dalam, berbagai teka-teki dan tantangan harus Anda selesaikan sebelum 90 menit berakhir.

The Escape Hunt, Club Masak
The Escape Hunt, Club Masak

Jika teka-teki dirasa sulit, seorang Game Master akan bersedia membantu Anda dengan memberikan petunjuk tambahan. Karena banyaknya turis asing, Game Master biasanya bisa membantu Anda dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain itu, pembayaran untuk tiket juga ditawarkan dalam satuan USD yaitu sebesar USD 18 per orang. Bagi Anda yang ingin membeli tiket dengan rupiah, bisa menggunakan kartu kredit atau konfirmasi terlebih dahulu dengan staf di front office The Escape Hunt. Setiap hari, permainan pertama dimulai pada pukul 09:30 WIB dan permainan kedua pada pukul 20:00 WIB.

Itulah 10 tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan yang bisa kalian kunjungi, dan bagi kalian yang bingung ingin liburan dimana di Jakarta anda bisa memilih salah satu pilihan di atas yang bisa mengatasi solusi anda saat ingin berlibur tetapi tidak keluar dari Jakarta.