Ketan Susu Kemayoran, Club Masak
Ketan Susu Kemayoran, Club Masak

Kesibukan sehari-hari di kota Jakarta telah berhasil membuat banyak orang frustasi. Hal inilah yang menyebabkan warga Jakarta beramai-ramai pergi berlibur ke Puncak, Bogor, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan. Bagi Anda yang tidak pergi berkunjung ke tempat wisata di sekitar Jakarta pada akhir pekan, Anda dapat mencoba wisata kuliner di Jakarta. Apa saja tempat wisata kuliner di Jakarta yang wajib dikunjungi? Simak ulasannya. kami dibawah ini kalian tidak perlu jauh-jauh mencoba wisata enak karena di Jakarta pun banyak tempat wisata kuliner yang harus kalian kunjungi dan ajak keluarga dan teman-teman anda untuk berkunjung.

Sate Taichan Senayan, Club Masak
Sate Taichan Senayan, Club Masak

1. Pecenongan

Pecenongan, Club Masak
Pecenongan, Club Masak
Pedagang Makanan Kaki Lima Pecenongan, Club Masak
Pedagang Makanan Kaki Lima Pecenongan, Club Masak

Pecenongan adalah surga kuliner malam hari di Jakarta. Didominasi oleh warung-warung tenda, kawasan Jalan Pecenongan yang mulai buka untuk wisata kuliner dari jam 5 sore ini semakin malam akan semakin ramai. Walaupun merupakan warung-warung tenda, harga makanan di kawasan Pecenongan ini tidak kalah mahal dengan harga makanan di mall mewah. Jenis makanan yang paling banyak dicari di Jalan Pecenongan adalah seafood, chinese food, dan juga martabak. Sejak mulai terkenal sebagai tempat wisata kuliner di Jakartapada tahun 1970-an, Jalan Pecenongan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Nah jadi kalian harus banget nih dateng kesini dan cobain beberapa makanan enak disini.

2. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival, Club Masak
Kemang Food Festival, Club Masak
Kemang Food Festival, Club Masak
Kemang Food Festival, Club Masak

Kemang Food Festival adalah sebuah lokasi wisata kuliner di daerah Kemang yang berkonsep food court. Tempat ini sangat populer, terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang tinggal di sekitar Kemang karena harganya yang terjangkau, banyaknya pilihan makanan, dan juga suasananya yang sangat cocok untuk kongkow. Gerai makanan di sini akan mulai buka dari jam 5 sore sampai dengan tengah malam, dan akan mencapai puncak keramaian pada jam 7 malam ke atas. Pada akhir pekan, Kemang Food Festival juga suka menampilkan live music sehingga suasana akan semakin hidup. Jadi cocok banget nih jika kalian ingin nongkrong sama teman atau berkumpul bersama keluarga sebaiknya datang kesini untuk coba beberapa menu yang ada disini.

3. Magnum Cafe

Magnum Cafe, Club Masak
Magnum Cafe, Club Masak
Magnum Cafe, Club Masak
Magnum Cafe, Club Masak

Magnum Cafe adalah surganya para pecinta es krim dan coklat. Berlokasi di Grand Indonesia Mall dan Pondok Indah Mall, Magnum Cafe menawarkan cara lain untuk menikmati es krim magnum. Selain es krim magnum yang dimodifikasi, Magnum Cafe juga menawarkan hidangan ringan lain seperti kentang goreng berbagai rasa, spaghetti, kue, waffle, calamari, dan lain-lain. Restoran yang terkenal dengan hidangan penutupnya ini akan sangat ramai pada akhir pekan, walaupun harganya terbilang cukup mahal, sekitar 45.000 Rupiah per es krim. Jadi bagi anda para pecinta es krim bisa datang kesini dan pesan beberapa menu yang ada di magnum cafe ini.

4. Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar

Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Club Masak
Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Club Masak
Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Club Masak
Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Club Masak

Berlokasi di pinggir jalan raya Mangga Besar, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar adalah sebuah rumah makan sederhana namun menawarkan kwetiau sapi yang sudah melegenda dan ramai setiap hari, terutama pada malam hari. Selain menjual kwetiau yang menjadi menu andalannya, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar juga menawarkan mie dan bihun dengan berbagai pilihan isi seperti seafood, sapi, ayam, sayur, dan lain-lain. Bila Anda dapat memilih tempat duduk, pilihlah tempat duduk di bagian dekat pintu depan karena tempat duduk di bagian dalam suasananya lebih pengap. Para pecinta kwetiau bisa datang kesini karena selalu ramai pengujung dan kwetiaunya pun sudah terkenal sekali di Jakarta.

5. Indomie Abang Adek

Indomie Abang Adek, Club Masak
Indomie Abang Adek, Club Masak
Indomie Abang Adek, Club Masak
Indomie Abang Adek, Club Masak

Doyan makan pedas? bagaimana jika kami tantang anda untuk mencicipi Menu Indomie Abang Adek level pedas Mampus yang lezat berikut ini. Kalau cuaca lagi dingin atau lagi musim hujan, paling enak makan indomie goreng atau indomie rebus buat ngangetin badan. Kalau kamu lagi bingung mau cari warung indomie yang enak dan mantap, saya saranin kamu mencoba Indomie Abang Adek. Warung indomie ini udah terkenal seantero Jakarta karena pedas, lezat, dan harganya yang murah. Satu lagi yang bikin Indomie Abang Adek ini moncer adalah pedesnya yang bikin kamu nggak pernah lupa. Pedeess banget pakek mampus. Tapi kamu juga bisa kok pesan indomie goreng atau rebus yang pedesnya sedang, Tapi kalau kamu pecinta pedas, bisa juga nyobain yang level pedas mampus, pedas garuk atau pedas gila, semua terserah kamu. Meskipun menu utama warung Indomie Abang Adek adalah indomie goreng atau rebus, tapi di warung ini juga tersedia menu lain. Jadi jika kamu pas lagi nggak kepingin makan mie, kamu juga bisa pesan menu lain seperti ayam bakar atau ayam goreng, pecel lele atau ayam, bawal goreng atau bakar, roti bakar, pisang bakar atau jagung bakar. Kalau soal minuman standar. Ada aneka jus, es kelapa, minuman kemasan dan air mineral. Jadi anda bisa menikmati memakan indomie dengan aneka minuman segar dan harga disini berkisar Rp. 13.000 sangat murah sekali bukan.

6. Kue Pancong Rawa Belong

Kue Pancong Rawa Belong, Club Masak
Kue Pancong Rawa Belong, Club Masak
Kue Pancong Rawa Belong, Club Masak
Kue Pancong Rawa Belong, Club Masak

Rawa Belong sejak jaman dahulu sudah tersohor namanya. Ingat si Pitung? Jawara Betawi yang konon lehernya tidak mempan ditebas kompeni Belanda lahir di sini. Beberapa dekade berikutnya, pusat penjualan bunga dan tanaman hias pun ikut memarakkan wilayah ini. Bersebelahan dengan pasar bunga dan tanaman hias Rawa Belong, terdapat warung pancong yang juga tersohor. Mengikuti kekinian, saya dan anak-anak mencoba nongkrong asyik setelah sebelumnya beberapa stasiun televisi meliput warung pancong  yang harganya super duper murah ini. Awalnya saya kira, jejeran motor terparkir rapi di sepanjang jalan Sulaiman Rawa Belong ini adalah pengunjung, baik pedagang ataupun pembeli di pasar bunga. Rupanya saya salah, jejeran motor tersebut adalah milik pengunjung warung pancong.  Bagaimana dengan harganya? Jangan kuatir, harga makanan dan minuman di warung pancong Rawa Belong ini sangat bersahabat. Satu porsi pancong dihargai 8-15 ribu rupiah tergantung variasi toping yang kita inginkan. Aneka minuman dibandrol dari harga 3 – 6 ribu rupiah saja. Dua kali mampir nongkrong bersama anak-anak, saya merogoh kocek tidak sampai 50 ribu. Murmer sekali kan jadi jika anda bingung anda bisa datang saja langsung kalau kalian bingung alamatnya dimana kalian bisa datang langsung aja ke rawa belong pasti semua orang tau tempatnya.

7. Gultik ( Gulai Tikungan )

Gultik Blok M, Club Masak
Gultik Blok M, Club Masak
Gultik Blok M, Club Masak
Gultik Blok M, Club Masak

Jakarta memang kaya akan wisata kuliner. Mulai dari restoran sampai pinggir jalan, banyak makanan enak yang dijajakan. Salah satu kawasan yang patut Anda kunjungi ketika berwisata kuliner adalah Blok M, Jakarta Selatan. Di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat kuliner yang amat tersohor sejak dulu, yaitu gultik. Gultik merupakan singkatan dari gulai tikungan. Dinamakan gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut. Walaupun tergolong kuliner kaki lima, gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini. Sejak tahun 1980-an banyak masyarakat yang menjadikan gulai tikungan ini sebagai destinasi kuliner favorit mereka.

“Dari tahun dulu sampai sekarang ramai terus,” kata Bambang, salah satu pedagang gultik. Bambang bisa menghabiskan 100 porsi gultik setiap harinya. Saat akhir pekan tiba, ia bahkan bisa menghabiskan sampai 200 porsi gultik. Rasanya memang sederhana namun tetap menggugah selera. Gurihnya gulai dipadu dengan manisnya kecap dan pedasnya sambal cukup untuk membuat ketagihan. Tapi, untuk Anda yang biasa makan banyak, seporsi gultik pasti kurang untuk memanjakan perut Anda. Jangan khawatir, Anda bisa nambah sepuasnya tanpa takut kantong jebol karena harga seporsi gulai ini dibanderol hanya dengan harga Rp 8.000. Pokoknya kalian harus dan wajib datang kesini ya.

8. Ketan Susu Kemayoran

Ketan Susu Kemayoran, Club Masak
Ketan Susu Kemayoran, Club Masak
Ketan Susu Kemayoran, Club Masak
Ketan Susu Kemayoran, Club Masak

Warung ketan susu ini berada di daerah kemayoran,yaitu di perempatan Jalan Angkasa dan Jalan Garuda. Letak warungnya di pinggir jalan dan suasananya sangat ramai. Banyak penduduk sekitar dan orang dari luar yang datang ke situ. Kita akan langsung disuguhkan pemandangan orang-orang yang sedang asyik menikmati ketan susu. Pada saat teman kulting memesan, biasanya penjualnya akan menanyakan apakah mau pakai susu atau tidak, karena sebagian dari pembeli biasanya tidak menggunakan susu. Tapi itu sesuai selera anda sarankan kepada teman kulting untuk memilih menggunakan susu biar bisa merasakan enaknya ketan susu. Satu porsi ketan susu dihargai sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.500,-dan sudah termasuk satu buah gorengan tahu/tempe/pisang (bisa pilih). Kami pilih untuk pakai tempe goreng. Jadi segera datang dan cobain sendiri keenakan ketan susu kemayoran yang selalu ramai pengunjung ini.

9. Seblak Jeletet

Seblak Jeletet Murni, Club Masak
Seblak Jeletet Murni, Club Masak
Seblak Jeletet Murni, Club Masak
Seblak Jeletet Murni, Club Masak

Makanan pedas asal Bandung ini ternyata juga banyak disukai orang Jakarta. Sudah banyak tempat yang menjual Seblak enak di Jakarta yang rasanya tidak kalah mantap dengan yang di Bandung. Banyak yang mengkorelasikan Seblak dengan kerupuk yang jadi bagian dari menu ini. Padahal Seblak adalah bumbu kuahnya yang beraroma kencur itu dan kerupuk adalah toppingnya. Kini isinya makin beragam, tidak hanya kerupuk saja, ada yang diberi tambahan makaroni, ceker, bakso, batagor. Seblak Jeletet adalah surga untuk pecinta makanan pedas. Begitu melihat kuah merah Seblak enak di Jakarta ini, kamu mungkin akan langsung menelan ludah dan membayangkan bagaimana kepedasan yang akan kamu rasakan saat menyantapnya. Benar saja, kuah pedasnya benar-benar membakar lidah. Ada level 0-5 yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera pedasmu. Pilihan isinya juga bervariasi, mulai dari mie, kwetiau, kikil, bakso, dan juga pastinya ada ceker. Kuahnya sangat gurih dan teksturnya kental. Meski sangat pedas, tapi rasanya bikin ketagihan. Tak heran, begitu banyak orang yang rela antri lama untuk menikmati Seblak super pedas di Jakarta ini! Jika kalian belum tau dimana tempatnya berada kami akan bagikan alamatnya untuk anda Jl. Pademangan 4, Gang 4, Gunung Sahari, Jakarta.

10. Sate Taichan Senayan

Sate Taichan Senayan, Club Masak
Sate Taichan Senayan, Club Masak
Sate Taichan Senayan, Club Masak
Sate Taichan Senayan, Club Masak

Wisata kuliner malam di senayan dengan berjalan kaki sambil melirik ke kanan dan ke kiri para penjual sate. Dan kali ini kita mau makan sate taichan. Saking banyaknya penjual sate taichan disini gue jadi bingung mau nyoba sate taichan yang mana. Ada sate taichan bang amir, bang ocit dan berpuluh-puluh abang-abang sate taichan lainnya yang saling berdempetan satu sama lain. Lihat aja di sepanjang jalan ini isinya sate taichan semua. Rata-rata penjual sate taichan disini mulai berjualan pada pukul 8 malam dan mulai habis saat tengah malam tiba. Nah Sobat Jajan kalau kalian penasaran dengan sate taichan ini kamu bisa langsung datang ke Jalan Asia Afrika sebelah Gelora Bung Karno. Soal harga pun sate taichan ini harganya sangat terjangkau sekali sehingga anda bisa coba ajak keluarga anda kulineran ke tempat yang satu ini ya.

Itulah 10 Wisata kuliner di Jakarta yang selalu ramai pengunjung dan kalian harus coba datang kesini ajak teman-teman anda dan keluarga anda untuk cobain beberapa wisata yang selalu ramai dan tidak pernah sepi pengujung ini ya.