Es Duren Pak Aip, Wisata Kuliner Bandung, Club Masak
Es Duren Pak Aip, Wisata Kuliner Bandung, Club Masak

Kalau perut kenyang rasanya hati juga ikut tenang dan tentram kata sebagian orang sih gitu, kamu laper? Yuk mampir aja ke tempat wisata kuliner yang ada di kota Bandung Jawa Barat ada banyak pilihan makanan yang bisa kamu coba mulai dari kuliner unik yang lagi hits paling terkenal kekinian hingga jajanan kuliner khas tradisional pun ada, harganya juga terkenal murah meriah namun soal rasa pasti tetep enak. Di kota ini sendiri juga sering diadakan festival kuliner yang menyajikan makanan dengan berbagai bentuk, rasa dan hiasan yang menarik semua orang yang berkunjung. Jajanan disini pun harganya sangat murah meriah dan kalian bisa coba beberapa tempat yang akan kita sharing kepada kalian tentunya.

Batagor Hanjuang, Club Masak
Batagor Hanjuang, Club Masak

Bakso Ojo Dumeh

Siapa sih yang gak tau bakso, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka dengan makanan yang satu ini. Bakso ini dapat kalian jumpai di kota manapaun termasuk di Bandung. Bakso di Bandung ini namanya bakso ojo dumeh yang membedakan bakso ojo dumeh dengan bakso yang lain adalah ukuran baksonya yang besar. Bakso ini berada di Cikuda Jatingangor. Bakso ini dulunya di jual dengan gerobak keliling, karena peminatnya yang sangat banyak akhirnya dibukalah kedai seperti sekarang ini. Bagi kalian pecinta bakso wajib cobain bakso ojo dumeh ini. satu bakso ukuran besar dapat dinikmati oleh dua orang karena porsinya yang cukup banyak, disini juga ada bakso yang ukuran biasa jadi kalian gak harus beli yang ukurannya besar. peminat bakso ojo dumeh ini sangat banyak jadi kalian harus sabar jika antriannya panjang, sayangnya kedai bakso ojo dumeh ini tidak begitu lebar, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan rasa bakso yang disajikan.

Bakso Ojo Dumeh, Club Masak
Bakso Ojo Dumeh, Club Masak

Untuk satu porsi bakso ukuruan besar harganya hanya Rp.17.000 sedangkan untuk porsi biasa harganya Rp.8000. kalian bisa memesan es teh manis atau es kelapa muda untuk teman makan bakso kalian. Gimana? Pasti tertarik kan makan bakso disini jangan sampai kehabisan ya karena biasanya jam 5 sore baksonya sudah laku terjual. Jangan sampe ketinggalan untuk ga coba makan disini karena tempat ini selalu menjadi pilihan orang-orang yang sedang berada di Bandung

Nasi Kuning Pasir Roja

Jika kalian ingin menikmati nasi kuning pada malam hari kalian bisa datang ke Nasi Kuning Pasir Koja yang letaknya di jl. Pasir koja no 144 Bandung. Pasti banyak sekali yang suka kuliner pada malam hari. Tempat yang sangat tepat untuk kalian kunjungi selain café adalah tempat makan yang satu ini. Nasi Kuning Pasir Koja ini memang bukanya pada malam hari pada pukul 20.00 – 01.00 WIB, maka dari itu nasi kuning hanya bisa dinikmati pada malam hari saja. Nasi kuning disini memang sekilas tampak sama dengan nasi kuning yang dijual di tempat lain, yang membedakan adalah menggunakan oseng oncom sebagai pengganti oseng ataupun kering tempe. Dalam satu porsi nasi kuning ada beberapa lauk yaitu diantaranya abon, telur rebus, tahu kuah, semur daging sapi, oncom, dan kerupuk aci serta taburan bawang goreng.

Nasi Kuning Pasir Roja, Club Masak
Nasi Kuning Pasir Roja, Club Masak

Ada menu favorit di tempat ini yaitu semur jengkol, semur jengkol ini banyak di buru oleh pembeli. Untuk satu porsi nasi kuning lengkap dengan lauknya dibandrol dengan harga Rp.15.000. Bagi kalian yang kelaparan pada malam hari mampir saja ke tempat makan ini, untuk harga juga tidak terlalu mahal kan, tidak menguras kantong. Harga murah dan kita pun kenyang karena sudah makan disini karena satu porsi nasi disini pun sudah banyak sekali.

Batagor Hanjuang

Batagor, jajanan khas kota Bandung ini mudah sekali kita temui di penjuru Kota Bandung mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran ada menu ini. Kata batagor yang artinya bakso tahu goreng ini adalah makanan yang disukai semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Termasuk makanan ringan sih tapi mengenyangkan. Salah satu penjual batagor yang terkenal adalah Batagor Hanjuang. Kedai batagor ini berada di Jalan Astina, Kota Bandung. Berada di depan Rumah Makan Anugerah atau di belakang Bandung Indah Plaza.

Batagor Hanjuang, Club Masak
Batagor Hanjuang, Club Masak

Batagor ini dijual dengan gerobak sedeharna tetapi rasanya tidak sesederhana kelihatannya. Enak banget dijamin yang beli pasti ingin datang lagi karena memang bumbu kacangnya enak, kadang masih terasa butiran kacangnya. Yang membuat batagor ini istimewa adalah ikan tengiri yang rasanya sangat kerasa. Ikan tengiri ini sebagai bahan utama pembuatan bakso yang terbuat dari tepung tapioca atau sagu yang biasa disebut aci oleh orang sunda. Kebayang dong tahu bakso ikan tengiri digoreng hingga krispi dicampur dengan bumbu kacang yang segar, kecap dan sambal sebagai penambah rasa pasti sangat cocok untuk kita nikmati baik siang maupun malam hari. Jangan lupa mampir ya.

Es Duren Pak Aip

Siang-siang emang enaknya minum es apalagi setelah puas jalan-jalan menikmati wisata yang ada di kota Bandung, nah di Bandung ini ada es durian yang legendaris sejak tahun 1987 namanya ES DURIAN PAK AIP yang ada di jl Tubagus Ismail Raya. Dulunya kedai es durian ini berjualan di Kantin Sakinah dimana tempatnya berdekatan dengan kampus kampus yang ada di sekitarnya seperti ITB dan UNPAD yang ada di jl Tubagus Ismail Bandung. Es durian ini banyak diburu oleh masyarakat tidak hanya warga Bandung tapi warga di luar Bandung pun juga memburu es durian ini, jadi kalian yang ingin menikmati es durian ini harus sabar antri karena banyak sekali peminatnya. Es durian yang di sajikan berisi beberapa butir durian utuh dengan bijinya ditambah dengan es serut, susu kental manis dan gula putih dijamin rasanya seger banget. Satu mangkuk es durian ini memang terlihat sederhana, tetapi keahlian Pak Aip untuk memilih buah duriannya sangatlah mahir bisa dilihat dari durian yang di sediakan rasanya manis dan legit buahnya juga tebal pokoknya enak banget deh, cocok jika ditambahkan dengan es serut.

Es Duren Pak Aip, Club Masak
Es Duren Pak Aip, Club Masak

Tidak hanya es durian original yang ada disini tetapi ada berbagai menu varian rasa seperti Originally Soup Durian yang pakai santan, Browny Sugar dengan gula merah, Strawberry Crush dengan tambahan es krim strawberry, Double Chocolate yang ikut menghadirkan es krim cokelat dan susu kental manis cokelat dan masih banyak menu es durian lainnya. Untuk harga satu porsi es durian original dibandrol dengan harga Rp.24.000, untuk menu es durian varian rasa dibandrol dengan harga Rp 24.000-27.000. Bagi kalian yang ingin mencicipi es durian pak aip ini bisa langsung datang ke jl Tubagus Ismail Raya yang buka setiap hari puku 09.00 – 21.00 WIB.

Sate Anggrek

Bagi warga Bandung pasti tahu Sate Anggrek Bandung ini. Sebagian besar warga Bandung pasti sudah pernah mencicipi Sate Anggrek ini. Lokasi sate anggrek ini berada di mulut Jalan Anggrek, gampangnya sate anggrek ini berada tepat di seberang restoran Suis Butcher. Disitu kalian akan menemukan kedai sate Madura. Sebenarnya nama kedai ini adalah Sate Mirah Bandung. Mirah artinya murah. Namun letaknya yang ada di Jalan Anggrek orang-orang lebih suka menyebutnya sate Anggrek. Yang menarik disini adalah tempat pembakarannya yang panjang muat hingga 100 tusuk sate sekaligus tiap membakarnya. Wow Cuma lihat saja pasti sudah tergoda ya untuk mencicipi. Asapnya yang beterbangan seolah memanggil manggil para pelanggannya untuk mampir mencicipi sate Madura ini. Sate anggrek ini tergolong sangat murah. Satu porsi sate isi 10 tusuk harganya berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu saja, itu sudah termasuk nasi juga lho, murah banget kan. tidak hanya sate ayam, disini juga ada sate kambing, sate sapid an sate telur yang katanya enak banget. Ada soto sulung khas Madura juga sebagai teman makan sate. Jadi bagi kalian yang lagi bokek tapi pengen makan enak bisa datang kesini aja dijamin perut kenyang hati pun senang.

Sate Anggrek, Club Masak
Sate Anggrek, Club Masak

Kupat Tahu Gempol

Bagi warga Bandung pasti sudah tidak asing dengan Kupat Tahu. Makanan ini biasanya disajikan pada pagi hari. Kupat tahu ini merupakan makanan tradisional sunda yang banyak ditemui di Kota Bandung apalagi pada pagi hari. Kedai kupat tahu yang legendaris dan sudah berdiri berpuluh-puluh tahun adalah Kupat Tahu Gempol. Lokasinya berada di kawasan pasar gempol kota Bandung masuk dari jalan Bahureksa di belakang kawasan jalan Riau. Kupat tahu yang disajikan disini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kupat tahu yang lain hanya saja yang berbeda disini adalah bumbu kacangnya. Bumbu kacang disini dibuat dari kacang tanah dan dicampur dengan santan tanpa dicampur dengan kentang seperti penjual yang lain maka rasanya lebih nikmat dan bumbu kacangnya begitu kental. Kerupuknya disini juga lebih besar dari yang ada ditempat lain. Banyak pelanggan yang menambah porsi kerupuknya karna memang rasanya enak gurih pas banget dimakan dengan kupat tahu bumbu kacangnya. Dicocol cocol gitu dengan renyahnya krupuk ketika digigit pasti pengen nambah terus. Harganya juga sangat murah, hanya 15 ribu saja per porsinya. Kedai ini setiap harinya bisa menjual 300 porsi di hari kerja, kalau weekend bisa 1.200 sampai 1.00 porsi kupat tahu. Wah gila banyak banget ya peminatnya. Kedai ini buka pukul 06.00 pagi, biasanya pukul 12.00 siang sudah habis jadi kalau mau beli jangan siang – siang ya biar gak kehabisan.

Kupat Tahu Gempol, Club Masak
Kupat Tahu Gempol, Club Masak

Batagor Kingsley

Seperti kita ketahui bahwa batagor adalah makanan khas kota Bandung. Makanan ini tampil dengan kulit luarnya yang renyah dengan balutan adonan lembut di dalamnya, ditambah dengan siraman saus kacang. Saat anda datang ke Bandung, rasanya sangat rugi apabila belum mencoba makanan khas Bandung ini. Salah satu tempat wisata kuliner yang menjual batagor di Bandung bernama Batagor Kingsley. Alamatnya berada di jalan Veteran No. 25. Tapi anda jangan kaget ya saat akan memesan batagor di sini anda harus menunggu antrian. Karena tempat ini sudah ternama sehingga banyak pelanggan yang datang untuk merasakan kelezatan batagornya dan ada juga yang memesan untuk dijadikan oleh-oleh khas Bandung.

Batagor Kingsley, Club Masak
Batagor Kingsley, Club Masak

Sambel Medok

Tidak jauh dari Cak Kohar Lamongan, terdapat tempat makan murah lainnya yang cocok untuk para pecinta pedas. Namanya adalah Sambel Medok yang terletak di seberang kampus Unpad Dipatiukur atau tepat di samping Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Sambel Medok menyuguhkan berbagai macam menu kuliner pedas, mulai dari ayam balado, telor dadar balado, tulang balado, hingga ceker balado. Berbagai menu tersebut bisa dikombinasikan dengan nasi putih, nasi goreng, mie rebus, ataupun mie goreng. Salah satu menu favorit di tempat ini adalah jengkol balado. Ya, hanya dengan Rp 8000, Anda bisa mendapatkan seporsi jengkol balado yang bisa dinikmati oleh 3 hingga 4 orang sekaligus. Ingat, selalu siapkan tisu sebelum memakan berbagai menu balado di sambel medok ini.

Sambel Medok, Club Masak
Sambel Medok, Club Masak

Wco Aneka

Kalau ini tempat makanan ayam favorit anak-anak kampus yang tinggal di sekitar Cisitu. Warung cobek atau yang disingkat Wco ini memiliki aneka masakan olahan ayam yang sangat lezat. Ada ayam cobek, ayam pop sambal ijo, hingga ayam cola.
Terdapat pula satu olahan ayam yang paling unik yakni ayam gule. Kenapa unik? Karena ayam ini dibungkus dengan tepung hingga digoreng crispi lalu diberi kuah gule yang rasanya nendaaang banget. Wajib coba nih guys! Kalo mau mampir, cukup naik angkot cisitu dari perempatan taman sari. Angkotnya warna biru-ungu. Lokasi rumah makannya persis di seberang mini market. Selamat mencoba!

Wco Aneka, Club Masak
Wco Aneka, Club Masak

Cafe Black Romantic

Gelap Nyawang merupakan salah satu jalan di kawasan ITB yang sangat terkenal. Karena apa terkenalnya? Tentu saja karena makanannya. Ya, di sepanjang Jalan Gelap Nyawang ini kita bisa menemukan puluhan café dan warung makan yang beraneka ragam. Ada es campur, bakso, ayam goreng, rumah makan padang, masakan jepang, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak tempat makan tersebut, salah satu yang paling menarik perhatian adalah café Black Romantic. Dari tampilannya, café ini cukup mencolok dibanding tempat makan yang ada di sekitarnya karena didominasi dengan warna hitam. Warna tersebut tentu saja sesuai dengan nama yang diusungnya. Ketika masuk, kita akan disuguhi dengan alunan musik yang cukup kencang. Yang menarik, musik yang diputar di sini akan berubah-rubah mengikuti jadwalnya. Sebagai contoh, pada pagi hari akan diputar lagu-lagu pop, siang lagu rock, sore lagu islami, dan sebagainya. Bagian dalamnya agak remang-remang dan di setiap meja terdapat cahaya penerangan dari lilin yang akan menambah suasana romantisnya. Makanan yang disajikan di Black romatic sangat beragam, seperti nasi goreng aneka rasa, ayam goreng, ayam bakar, dan lainnya. Terdapat juga makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti tutug oncom, palu konro, ayam rica-rica, nasi kebuli, dan lainnya. Jadi kalian harus banget coba dan datang kesini ya.

Cafe Black Romantic, Club Masak
Cafe Black Romantic, Club Masak

Sumo Ramen Bar

Bagi Anda yang menyukai kuliner khas Asia, maka Sumo Ramen Bar ini wajib dicoba. Ramen Bar ini membuka beberapa cabang salah satunya adalah di Jalan Tubagus Ismail. Meski memiliki tempat yang terbilang ‘mini’, namun ramen bar ini selalu menjadi pilihan para pecinta ramen. Harganya yang murah dan varian ramen yang beragam menjadi pertimbangan para pengunjung. Kisaran harga makanan disini adalah 15ribu hingga 40ribu rupiah. Sangat murah untuk kantong anak kost.

Sumo Ramen Bar, Club Masak
Sumo Ramen Bar, Club Masak

Lotek dan Rujak Dago Pojok

Lokasinya memang terletak persis di sebelah tukang ojeg Dago Pojok. Namun jangan ragukan rasa dari lotek yang diracik oleh ibu ini. Satu porsi lotek bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar 8 ribu rupiah. Hari gini dapet makanan yang bikin kenyang Cuma dengan 8 ribu aja langkaaa guys! Jangan lupa untuk mencoba rujak khas nya. Harganya pun sama yaitu 8 ribu rupiah. Cocok banget buat cemal-cemil sambil kumpul bersama teman-teman.

Lotek dan Rujak Dago Pojok, Club Masak
Lotek dan Rujak Dago Pojok, Club Masak

Ayam Penyet Bu Yanti

Jika Anda mengunjungi warung makan ini, Anda mungkin akan terkejut melihat tempat makan yang terletak di pinggir jalan, terdiri dari gerobak etalase kecil. Ya, Ayam Penyet Bu yanti terletak di Jalan Ir. Juanda (Dago), tepat di samping kantor Dinas Peternakan. Meskipun tempatnya sederhana, namun jangan remehkan rasa masakannya. Dengan harga yang sangat murah yaitu 18ribu rupiah untuk 1 porsi, ayam penyet Bu Yanti banyak digemari para muda mudi. Jika Anda berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mencoba kuliner ini.

Ayam Penyet Bu Yanti, Club Masak
Ayam Penyet Bu Yanti, Club Masak

Nasi Bancakan

Jika kamu salah satu ti[e orang yang porsi makannya besar, kamu bisa mengunjungi tempat makan yang satu ini. Dikenal dengan nasi bancakan Bandung, tempat ini mengusung konsep makan ala pedesaan dengan gelas dan piringnya masih menggunakan seng, mungkin menghindari pecah juga sih yah, kan tau sendiri anak kost kalau makan seperti apa rusuhnya. Menu yang ditawarkan disini ialah berbagai jenis masakan khas sunda yang kaya akan rempah-rempah, yang menarik ialah kamu bisa mengambil sendiri nasi dan aneka lauk pauknya, sebab model pelayanan disini menggunakan prasmanan. Tapi jangan khawatir, meskipun porsi makanmu menyerupai gunung krakatu, tapi harganya sangat murah banget kok, cocok buat anak kost pokoknya.

Nasi Bancakan, Club Masak
Nasi Bancakan, Club Masak

Mie Kocok Pak Haji Endan

Masih berburu kuliner seputar mie, kali ini kita merapat ke mie kocok pak Haji Endan. Mie ini juga tidak kalah terkenalnya dikalangan muda mudi Bandung, lokasinya berada di depan rel kereta api menuju setasiun hall Bandung, namun mie ini sudah buka beberapa cabang, antarai lain di foodmarket d’kios yang berada di jalan Setiabudi no 42, Dago no 48, dan Braga no 99. Keistimewaan mie kocok pak Haji Endan iala dari cita rasanya yang kaya akan rempah-rempah, dan tekstur mie yang kenyal dan lembut membuat kelezatan mie kocok ini semakin sempurna. Soal harga, mie ini hanya dipatok dengan harga 15 ribu rupiah saja per porsi.

Mie Kocok Pak Haji Endan, Club Masak
Mie Kocok Pak Haji Endan, Club Masak

Itulah 15 tempat wisata kuliner di Bandung yang murah meriah dan selalu jadi tempat tujuan tempat makan mereka yang sedang berada di Bandung karena makananan ini mempunya ciri khas masing-masing. Jadi buat kalian yang mencari info tempat makan kuliner Bandung yang enak dimana saja bisa baca artikel ini.