5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Siapasih yang tidak suka dengan hidangan ayam? Hidangan yang memiliki banyak kandungan protein ini menjadikan sajian yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari hidangan ayam yang dimasak menjadi ayam goreng lengkuas, ayam penyet sampai ayam bakar. Indonesia ini Negara yang kaya akan sumber pangan. Nah kali ini yang akan saya bahas ialah bagaimana cara mengolah ayam menjadi masakan sehari-hari yang dapat anda coba buat dirumah dengan mudah. Dengan tambahan bahan yang mudah dicari juga. Berikut ini resep hidangan dari ayam.

Cara Membuat Ayam Goreng Renyah Ala Kfc Anti Gagal

Sering kali kita menginginkan hidangan ini, namun kadang ada saja kegagalan yang pernah kita alami dalam membuat ayam goreng ala kfc ini. nah disini kita akan bahas cara membuat ayam goreng renyah ala kfc anti gagal. Berikut ini guys resepnya.

5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Bahan-bahan :

  • 1 kg ayam, cuci lalu potong-potong
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt lada halus
  • 1/4 sdt bubuk cabe merah kering
  • 1/2 sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis cair :

  • 300 ml air dingin /air es
  • 300 g tepung terigu tinggi protein (saran, cap cakra kembar)
  • 40 g tepung maizena
  • 1/2 sdm susu bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada halus
  • Bahan Pelapis Kering:
  • 400 g tepung terigu tinggi protein
  • 100 g tepung maizena
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1/4 garam halus (bila ingin rasa ayam pedas, anda bisa menambahkan bubuk cabe)

Cara membuat :

  • Pelapis cair: Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, lada, garam dan vetsin. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas/tempat yang dingin.
  • Pelapis Kering: Campur semua bahan pelapis kering. Aduk rata. Sisihkan.
  • Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih bubuk dan cabe merah bubuk. Aduk rata. Diamkan 15 menit agar bumbu meresap.
  • Gulingkan potongan ayam ke dalam pelapis kering hingga seluruh permukaan terselimuti tepung. Celupkan ke dalam pelapis cair dan gulingkan kembali ke dalam pelapis kering sambil diremasremas. Lakukan hingga 2 kali bila ingin ayam yang ekstra kriuk. Lakukan cara ini hingga ayam habis.
  • Panaskan minyak, goreng ayam di dalam minyak banyak dengan panas sedang. Masak hingga ayam matang, berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat, tiriskan.
  • Ayam Goreng Tepung ala Kentucky siap dihidangkan bersama saus & sambal.

Nah mudahkan kan guys.. sekarang kita beralih ke resep yang kedua..

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Indonesia ini sangat kaya guys dengan aneka rempah-rempahnya. Mulai dari kunyit, jahe, kencur, lengkuas, biji pala dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat ayam goreng lengkuas. Wahh dari namanya aja udah Indonesia banget. Gimana rasanya? Penasaran? Yuk langsung saja kita bahas resepnya dibawah ini.

5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Bahan-bahan :

  • 1 kg daging ayam (potong sesuai selera)
  • 150 gram lengkuas parut
  • 300 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 batang serai (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu halus :

  • 1 sdt garam
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat :

  • Masak daging ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan.
  • Tambahkan santan, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, serai dan lengkuas parut.
  • Masak daging ayam hingga santan kering dan bumbu merasuk ke dalam daging dengan baik.
  • Jika sudah, tiriskan ayam lalu panaskan minyak goreng.
  • Goreng daging ayam yang telah dimasak dengan semua bumbu hingga berwarna kuning kecokelatan.
  • Goreng juga sisa bumbu untuk memasak ayam hingga kering dan berwarna kecokelatan.
  • Ayam goreng lengkuas sudah matang dan siap disajikan.

Ayam goreng lengkuas ini enak guys jika kamu menyantapnya dengan nasi putih hangat, sambal, dan lalap-lalapan apalagi buat kamu yang suka kerupuk bisa makin mantap dan semangat untuk menyantapnya hehe..

Resep Ayam Kecap Pedas Manis Dan Gurih

Seperti yang kitaketahui guys daging ayam ini merupakan salah satu bahan masakan yang paling mudah untuk dibuat. Nah pada resep yang ketiga ini akan saya bahas Resep Ayam Kecap Pedas Manis Dan Gurih. Simak berikut ini.

5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg daging ayam dada potong sesuai selera
  • Minyak goreng, secukupnya
  • 20 buah cabai rawit, haluskan
  • 7 siung bawang merah haluskan
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • Kecap manis, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Gula, secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk, secukupnya saja
  • Merica secukupnya, tumbuk halus
  • Daun bawang dan seledri masing-masing 1 batang
  • 1 sdm air asam jawa
  • 4 cm jahe, memarkan
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk

Cara membuat :

  • Cuci bersih daging ayam lalu tiriskan sebentar. Jika sudah, goreng daging ayam hingga matang dan kulit bagian luar cukup kering.
  • Angkat lalu sisihkan sebentar.
  • Kurangi minyak dalam wajan lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan cabai dan tumis hingga matang.
  • Jangan lupa menambahkan merica bubuk, garam, gula, air asam jawa, kecap manis, lengkuas dan jahe serta daging ayam yang telah digoreng. Aduk-aduk sampai bumbu meresap.
  • Agar rasa ayam kecap ini makin mantap, tambahkan kaldu ayam bubuk, daun jeruk dan daun bawang serta daun seledri.
  • Masak ayam kecap hingga bumbu meresap dan mendidih. Angkat jika sudah matang dan segera sajikan selagi masih hangat.

Gimana guys? Mudahkan cara membuatnya? Selamat mencoba ya guys..

Resep Ayam Bumbu Rendang

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Masakan yang kaya akan bumbu dan rempahnya membuat naik selera makan. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat rendang ialah daging sapi guys. Tapi pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat ayam bumbu rendang. Pastinya gak kalah beda dong dengan resep rendang daging sapi. Langsung saja simak berikut ini resepnya.

5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Bahan-bahan :

  • Daging ayam : satu ekor, pilih yang gemuk atau sedang ukurannya
  • Jeruk nipis : 2 buah
  • Garam dapur : secukupnya

Bumbu rendang ayam yang dihaluskan :

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 8 butir
  • Jahe kurang lebih ukuran jempol atau sekitar 3 cm
  • Kemiri sekitar 3 butir
  • Ketumbar kurang lebih 2 sendok teh peres
  • Merica butir : kurang lebih ½ sendok teh
  • Kunyit cukup 1 hingga 1½ saja, biar mantap sebaiknya di bakar dahulu
  • Cabe merah besar / keriting secukupnya, sesuai selera pedas anda
  • Gula pasir dan garam secukupnya, nanti gampang di tambah

Bahan pelengkap lainnya :

  • Santan kental : 600 ml atau sekitar 3 gelas kopi. Buat santan kental dari 1½ hingga 2 butir kelapa yang sudah tua. Setelah dapat yang kental lalu buat lagi santan encer.
  • Santan encer : ± 1½ liter
  • Kelapa parut :cukup 150 g saja dan pilih kelapa muda agar tambah mantap
  • Daun kunyit 2 lembar, ikat dan buat simpul
  • Serai 3 batang
  • Asam kandis kurang lebih cukup satu buah saja
  • Daun jeruk: 6 buah

Cara membuat rendang ayam :

  • Langkah pertama tentunya membersihkan daging ayam dari kotoran yang masih menempel dan potong potong sesuai dengan selera. Biar lebih mudah potong potong saat anda membelinya di penjual.
  • Letakkan daging ayam potongan ini dalam wadah plastik dan lumuri dengan air jeruk nipis dan taburan garam secukupnya. Lantas diamkan sekitar 150 menit. Dan cuci kembali hingga bersih.
  • Kemudian bilas hingga bersih dan rendam dengan air panas sekitar 10 menit. hal ini untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam.
  • Langkah selanjutnya ambil wajan dengan besaran yang cukup dan masukkan santan encer dan rebus daging ayam dengan api sedang. Masukkan juga asam kandis, daun kunyit, dan juga daun jeruk. Dan awas jaga supaya air santan tidak pecah ya.
  • Sementara itu uleg semua bahan bumbu halus dengan blender juga boleh, namun akan lebih mantap jika dihaluskan dengan ulegan.
  • Lantas gongseng atau tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga matang dan tercium bau harum, masukkan juga kelapa muda parut, aduk aduk hingga matang dan harum. Kemudian masukkan dalam wajan pertama yang berisi rebusan ayam santan encer tadi.
  • Masukkan juga santan kental dan tunggu hingga mendidih. Lantas kecilkan api dan sambil aduk aduk secara teratur supaya santan tidak pecah. Jangan lupa untuk cicipi cita rasanya. Anda bisa menambahkan lagi garam dan penyedap rasa atau royco hingga cita rasanya sesuai dengan selera.
  • Jaga dan aduk aduk terus secara perlahan hingga santan mengental dan jaga jangan sampai mengering.
  • Angkat dan sajikan.

Mudahkan guys cara membuatnya.. uuu tunggu apalagi ayo cepet masak dirumah. Buat hidanganmu semakin berwarna.

Resep Sup Ayam Gurih

Sajian yang satu ini tentunya paling populer sakili karena Sop ayam juga bisa dijadikan obat ketika kita sedang flu, dan juga ketika hidung kita mampet. Uap sop ayam yang masih dalam keadaan panas dan mengandung banyak kaldu ayam itu apabila kita hirup bisa melancarkan hidung yang sedang mampet maupun flu. Langsung saja ini resepnya.

5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam
5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam, Resep Masakan Ayam

Bahan-bahan :

  • 400 g daging ayam kampung kemudian lumuri dengan air jeruk nipis
  • 2 btg daun bawang segar yang sudah dibersihkan lalu diiris
  • 1 buah tomat (potong-potong dari atas menjadi beberapa bagian
  • 2 pcs kentang ukurang sedang, kupas kulit kentang lalu potong dadu
  • 5 batang kacang buncis, cuci bersih lalu iris-iris kurang lebih 2-3 cm
  • 2 batang wortel ukurang lebih, kupas kulit wortel lalu potong sesuai selera
  • 3 lembar daun kol ukuran sedang besar, cuci bersih lalu iris sesuai selera
  • 2 batang daun seledri, cuci sampai bersih lalu iris sesuai selera
  • 4 pcs pentol bakso, potong dan belah sesuai selera
  • 1 cm jahe yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan
  • 3 sendok kecil garam dapur
  • Gula pasir secukupnya atau sesuai selera
  • Air bersih secukupnya, untuk kuah kaldu

Bumbu-bumbunya :

  • 5 siung bawang merah, kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya gampang ketika nanti akan dihaluskan
  • 2 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 2 pcs bawang putih sedang besar, kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian agar gampang ketika nanti akan dihaluskan
  • 1/2 sendok kecil merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.

Cara membuat :

  • Langkah pertama cuci bersih daging ayam yang akan digunakan, lalu tiriskan sebentar sebelum direbus.
  • Siapkan panci rebusan, lalu masukkan air bersih 600-700 ml, kemudian masak dengan api sedang.
  • Masukkan daun bawang, seledri, dan daging ayam ke dalam rebusan air. Sambil menunggu sebentar, kita siapkan bumbu sop ayamnya.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica bubuk. Ulek dengan menggunakan tangan.
  • Siapkan penggorengan, masukkan minyak secukupnya untuk menumis. Masukkan bumbu sop yang sudah dihaluskan, lalu aduk-aduk hingga bau aroma tumisannya tercium.
  • Setelah tumisannya selesai, lalu masukkan tumisan tersebut ke dalam rebusan daging ayam, lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan bahan yang lainnya.
  • Masukkan jahe yang sudah dimemarkan ke dalam rebusan, lalu aduk-aduk lagi, kemudian masak hingga daging ayam empuk
  • Masukkan sayuran-sayuran dan bahan-bahan lainnya seperti pentol bakso ke dalam rebusan daging ayam. Aduk kembali. Lalu masukkan garam dan gula secukupnya.
  • Masukkan irisan tomatnya, lalu aduk kembali, supaya tercampur dengan bahan lainnya.
  • Masak sampai daging empuk, lalu cicipi, jika dirasa kurang sedap, tambahkan gula dan pasir secukupnya.
  • Setelah masak, angkat dan tiriskan sop ayam ke dalam hidangan.

Nah itulah 5 Hidangan Populer Dari Olahan Ayam yang dapat kamu coba masak dirumah sebagai hidangan sehari-hari agar dapat menjadi teman makan mu. Semoga bermanfaat ya guys..