Tekwan, Club Masak
Tekwan, Club Masak

Palembang juga kaya akan kulinernya, citarasa yang berbeda dari masing-masing kota membuat wisatawan asing sangat ketagihan. Oke, sekarang mau ngajak kalian mengulas kuliner aja nih, pada capek kan kalau bahas pantai atau pegunungan terus. Emang iya. Kuliner yang akan diulas yaitu berasal dari kota Palembang. Jadi bagi kalian yang berkunjung ke Palembang harus banget datang dan cobain tempat kuliner yang kami bagikan untuk anda.

Restaurant Riverside di Benteng Kuto Besak, Club Masak
Restaurant Riverside di Benteng Kuto Besak, Club Masak

Palembang sekarang ini memiliki potensi gedhe untuk mengembangkan wisatanya melalui sektor makanan khas nya loh. Karena keragaman olahan makanan yang berbahan dasar daging ikan emang terbilang banyak. Bagi kalian yang mampir ke Palembang, banyak loh Wisata Kuliner Palembang yang dapat kalian cicipi. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pempek Palembang. Tetapi selain Pempek, masih banyak daftar kuliner yang mesti kalian cobain. Ada Tempoyak, yaitu makanan yang bisa dibilang mirip seperti sambal akan tetapi teksturnya kasar dan terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan bawang serta irisan cabai.

Pempek Saga Sudi Mampir

Nah, sebelumnya tadi sudah disinggung soal makanan yang paling terkenal di Palembang. Pempek emang terkenal sejak lama sebagai makanan khas Palembang. Kalau di online anda bisa membeli Pempek Gadis, maka Pempek Saga Sudi Mampir ini berbasis offline yang berbentuk rumah makan tradisional. Meskipun begitu, wisata kuliner pempek Palembang ini terbilang harganya mahal loh, Guys! jika dibandingkan Pempek di tempat lain. Oh ya, Guys! di sini juga tersedia paket sebagai buah tangan yang tentunya udah dipacking sedemikian rapinya dengan harga yang tentu berbeda-beda mulai dari harga Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 Guys! Tempat ini selalu ramai sekali pengunjung mereka yang menyukai pempek asli Palembang biasanya tidak pernah absen untuk datang kesini dan menikmati pempek yang disajikan di tempat ini.

Pempek Saga Sudi Mampir, Club Masak
Pempek Saga Sudi Mampir, Club Masak

Restaurant Riverside di Benteng Kuto Besak

Restaurant Riverside letaknya di pinggir Sungai Musi dan berada di Komplek benteng Kuto Besak, Jalan Rumah Bari, Palembang. Cocok buat kuliner malam Palembang. Dan untuk bangunan utama dari restauran ini menggunakan kapal besar dengan tiga lantai yang tentu udah diubah layaknya restauran high class men. Restauran yang dapat menampung 500 orang ini menawarkan berbagai menu makanan khas Palembang yang high hingga low. Harga makanannya pun berkisar anatara Rp.30.000 hingga Rp.80.000 kok. Yang mengesankan dari restauran ini nih, adanya live music yang menemani kala kalian menyantap menu yang disediakan. Restauran Riverside termasuk salah satu restaurant yang paling berkelas dan disukai oleh wisatawan asing. Jadi tempat ini juga menjadi tujuan mereka di Palembang karena selain menu makanan yang beragam dan juga tempatnya pun sangat enak sekali dan mendapatkan pemandangan melihat jembatan yang terkenal di Palembang.

Restaurant Riverside di Benteng Kuto Besak, Club Masak
Restaurant Riverside di Benteng Kuto Besak, Club Masak

Rumah Makan Sri Melayu di Demang Lebar Daun

Restauran Sri Melayu berdiri awal tahun sekitar 2000-an yang di kelola oleh pemiliknya yang bernama H. Ismail Umar, beliau terinspirasi dengan restauran yang berada di Malaysia saat beliau berkunjung ke negeri tetangga tersebut. Lahan seluas satu hektar dengan suasana nyaman dan rindang menjadi tempat kuliner yang cocok untuk bersantai sebab rumah makan Sri Melayu penuh dengan pepohonan serta kolam ikan. Menyantap makanan sambil asyik menikmati suasana.  Sri Melayu bagaikan pusat kuliner Palembang yang berbasis restauran heritage. Coba aja tengok dari depan, kalian akan menjuampai arsitektur rumah panggung khas Palembang. Menu Pindang merupakan menu utama di Restauran ini. Saat malam hari kalian akan menikmati live music yang bakalan membuat kalian betah deh menyantap makanan. Jadi kalian jangan lupa untuk datang kesini ya menu yang disajikan disini juga sudah sangat terkena sekali enaknya. Ajak keluarga anda yang ada di Palembang untuk makna disini ya.

Rumah Makan Sri Melayu di Demang Lebar Daun, Club Masak
Rumah Makan Sri Melayu di Demang Lebar Daun, Club Masak

Tekwan

Bahan dan cara pembuatan tekwan mirip dengan pempek, tapi tekwan berkuah. Biasanya, tekwan juga dihidangkan bersama bengkuang, jamur kuping, udang, dan soun. Sebaiknya sih, tekwan dinikmati ketika masih hangat. Tekwan, sangat mudah dijumpai di Palembang. Hidangan sup berkuah dengan bola-bola yang terbuat dari ikan dan tepung sagu ini juga menjadi primadona kuliner khas kota Palembang. Buat kamu penggemar berat hidangan tekwan, jangan lupa cicipi hidangan tekwan di rumah makan Pempek Saga Sudi Mampir di jalan Merdeka no. 8 22 ilir, Palembang. Jika pengin menikmati kelezatan tekwan di Jakarta, kamu bisa mampir ke Pempek Megaria, harga tekwannya super miring yaitu Rp 20 ribu. Sangat murah sekali bukan jadi kallian harus banget nih datang kesini dan cobain menu tekwan yang menjadi makanan favorit juga di Palembang.

Tekwan, Club Masak
Tekwan, Club Masak

Mie Celor

Berbeda dengan sajian mie dari kota-kota lain di Indonesia. Mie celor adalah sajian mie dengan kuah santan kental dan kaldu udang. Uniknya, proses memasak mie bukan direbus, tapi hanya diseduh dengan air panas. Mie celor disajikan dengan potongan udang, telur, toge, daun seledri, dan bawang goreng. Kedai mie celor paling tersohor di Palembang ada di Mie Celor 26 Ilir Palembang H.M Syafei Z yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2 – 26 Ilir. Cukup dengan harga Rp 15 ribu per porsi, kamu bisa nikmati mie celor yang nggak ada tandingannya. Di Jakarta juga ada kedai yang menjual mie celor yang nggak kalah terkenal, yaitu Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak yang terletak di jalan Biak No. 29 C, Roxy. Nah mie ini juga sangat favorit sekali di Palembang karena makanan ini memiliki cita rasa yang khas sekali. Jadi kalian harus banget nih coba datang kesini ya.

Mie Celor, Club Masak
Mie Celor, Club Masak

Model

Mungkin namanya agak membingungkan, tapi model dijamin enak! Ada yang namanya model gandum dan model ikan. Model gandum terbuat dari tepung dan menggunakan kaldu sapi, sedangkan model ikan berbahan dasar ikan dan tahu, dengan kaldu ikan atau udang. Umumnya hidangan model dapat ditemui di rumah makan atau kedai yang menjual pempek. Ada beberapa kedai pempek yang terkenal di Palembang yaitu Pempek Vico (jalan Letkol Iskandar no. 541-542), Pempek Candy (Jalan Sudirman No. 21), Pempek Leni (Petanang No.6875 C, Ilir Tim. I), dan lain-lain.Nggak jauh beda dengan di Jakarta, biasanya rumah makan pempek turut menyediakan hidangan model gendum di Pempek Megaria (Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini) seharga Rp 20 ribu. Soal harga jangan diragukan lagi karena sangat terjangkau sekali. Pokoknya kalian harus banget nih cobain makanan model khas Palembang.

Model, Club Masak
Model, Club Masak

Martabak Har

Martabak Har dimiliki oleh seorang saudagar Palembang asal India yang bernama Haji Abdul Razak. Inovasi martabak telur yang disajikan dengan kuah kari ini sungguh nggak ada duanya. Saat ini, Martabak Har sudah memiliki delapan cabang yang dikelola oleh anak dari Haji Abdul Razak. Kamu bisa kunjungi kedai Martabak Har yang pertama di jalan Jendral Sudirman 120/39. Jika kamu lebih suka suasana yang lebih modern, kamu bisa kunjungi Martabak & Resto HAR milik cucu Haji Abdul rozak di Jalan Jendral Sudirman no. 2269. Nah martabak ini pun sangat menjadi makanan favorit warga Palembang jadi jika kalian sedang berada di Palembang jangan lupa untuk datang dan cobain makanan martabak ini ya.

Martabak Har, Club Masak
Martabak Har, Club Masak

Kerupuk atau Kemplang

Palembang memang terkenal dengan olahan kuliner berbahan dasar ikan, nggak cuma makanan beratnya aja, tapi juga cemilannya berupa kerupuk atau kemplang. Kuliner ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Makan kerupuk kemplang bisa ditemani dengan sambal yang terbuat dari racikan cabai dan kecap yang bakal bikin kamu ketagihan. Harga per bungkus kerupuk kemplang juga nggak mahal, biasanya berkisar Rp 20 ribuan. Sangat murah sekali bukan anda bisa membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh anda saat ingin pulang ke rumah asal masing-masing selain ada pempek kerupuk ini menjadi kerupuk yang sangat disukai oleh masyarakat Palembang.

Kerupuk Kempalng, Club Masak
Kerupuk Kempalng, Club Masak

Itulah makanan yang selalu ramai dikunjungi pengunjung karena memiliki rasa yang khas dan enak sekali dan harga pun sangat terjangkau sekali sehingga anda bisa menikmati menu daftar tempat makan enak yang ada di Palembang ini jadi jika anda sedang berlibur atau balik ke kampung halaman yaitu Palembang harus coba cobain tempat makan yang sudah kami sharing kepada kalian ya.