Museum Tekstil, Club Masak
Museum Tekstil, Club Masak

Sebagian besar wilayah Jakarta Barat adalah tempat pemukiman penduduk. Jakarta Barat yang terkenal dengan bangunan peninggalan Belanda yang sampai sekarang masih digunakan sudah mulai dijadikan pusat bisnis baru seperti yang terjadi di Jakarta Selatan. Namun walau begitu, bukan berarti tidak ada tempat wisata di Jakarta Barat. Apa saja tempat wisata di Jakarta Barat selain mall? Berikut kami akan bahas dibawah ini.

Museum Bank Indonesia, Club Masak
Museum Bank Indonesia, Club Masak

Geraja Sion ( Gereja Portugis )

Gereja Sion atau lebih dikenal dengan nama Gereja Portugis adalah sebuah gereja kuno dengan arsitektur yang megah dan kokoh. Gereja yang terletak di Jalan Pangeran Jayakarta ini mempunyai kapasitas sekitar 1,000 orang. Fakta menarik tentang Gereja Sion adalah bahwa bangunan ini merupakan bangunan paling tua yang masih dipakai sesuai dengan tujuan awal pembangunannya, memang banyak bangunan lain yang lebih tua, namun semuanya sudah beralih fungsi. Angka yang ada di atas pintu Gereja Sion adalah angka yang menunjukan umur gereja tersebut. Jadi jika kalian yang belum tau bisa nih langsung saja datang kesini dan coba kunjungi gereja sion ini.

Gereja Sion, Club Masak
Gereja Sion, Club Masak

Masjid An-nawier

Masjid An-Nawier adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Barat dengan kategori wisata religi dan wisata sejarah. Masjid An-Nawier dulunya adalah sebuah pusat penyebaran agama Islam. Masjid An-Nawier memiliki bentuk unik hasil dari perpaduan budaya asing. Salah satu ciri khas Masjid An-Nawier adalah tidak memiliki kubah seperti masjid yang umum dijumpai di Indonesia. Masjid yang mampu menampung lebih dari 2,000 orang ini ramai dikunjungi wisatawan hingga saat ini. Jadi bagi kalian yang belum tau bisa langsung kunjungi masjid ini untuk berwisata di daerah Jakarta.

Masjid An-nawier, Club Masak
Masjid An-nawier, Club Masak

Museum Tekstil

Musuem Tekstil yang beralamat di Jalan K. S. Tubun Petamburan No. 4, Jakarta Barat dulunya adalah sebuah rumah milik orang Perancis dan pada akhirnya diserahkan kembali kepada Pemda Jakarta. Ciri khas museum ini adalah pintunya yang sangat besar, bangunan dengan arsitektur kolonial, dan keramik lantai yang bermotif unik. Museum ini memiliki ribuan kain yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, namun hanya sebagian kecil saja yang dipamerkan kepada masyarakat umum. Jenis kain yang ada di sini yaitu kain tenun, kain jumput, kain batik, kain campuran, hingga baju yang terbuat dari kulit kayu.

Museum Tekstil, Club Masak
Museum Tekstil, Club Masak

Toko Merah

Toko Merah berada di kawasan Kota Tua. Sesuai namanya, Toko Merah memiliki bangunan yang berwarna merah. Dahulu gedung ini digunakan sebagai tempat tinggal salah satu Gubernur Jendral VOC. Nama Toko Merah muncul pada saat seorang keturunan China menggunakan bangunan ini pada tahun 1851 untuk dijadikan sebuah toko. Banyak cerita seram yang beredar di masyarakat tentang Toko Merah, namun apabila anda masuk ke dalam Toko Merah yang masih berdiri kokoh, sebenarnya tempat ini lumayan terawat, tidak seperti cerita-cerita yang beredar. Bangunan ini sangatlah unik!

Toko Merah, Club Masak
Toko Merah, Club Masak

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik adalah rumah bagi banyak karya seni kelas internasional karya seniman Indonesia sejak tahun 1800an. Koleksi seni yang dimiliki Museum Seni Rupa dan Keramik berjumlah lebih dari 400 benda yang berupa patung, lukisan, sketsa, batik lukis, hingga totem kayu yang terbagi menurut periode waktu tertentu. Untuk koleksi keramiknya, museum ini memiliki koleksi keramik lokal dan asing, yang merupakan warisan sejarah dari negara yang bersangkutan.

Museum Seni Rupa, Club Masak
Museum Seni Rupa, Club Masak

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah museum yang terbaik di Jakarta menurut saya. Apa yang membuat saya berkata demikian? Museum Bank Indonesia adalah museum yang sangat modern, bersih, dan rapi, tidak seperti kebanyakan museum lain di Jakarta yang kurang terpelihara. Dengan penataannya yang rapi, pencahayaan yang menarik, ruangan yang ber AC, dan manajemen yang baik, museum ini memiliki kualitas kelas internasional dan menupakan museum yang paling nyaman dikunjungi di Jakarta menurut saya. Koleksi yang dimiliki Museum Bank Indonesia adalah uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, dan benda lain yang menjadi saksi sejarah Indonesia dan berhubungan dengan keuangan. Selain nyaman dan edukatif, biaya masuk Museum Bank Indonesia adalah gratis, oleh karena itu museum ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang wajib dikunjungi.

Museum Bank Indonesia, Club Masak
Museum Bank Indonesia, Club Masak

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah satu-satunya jembatan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Jakarta. Sempat rusak akibat serangan pada tahun 1629, jembatan ini akhirnya diperbaiki kembali oleh Belanda karena fungsinya yang sangat penting. Terletak di kawasan Kota Tua, Jembatan Kota Intan terbuat dari besi dan kayu sehingga cukup menarik untuk menjadi tempat foto-foto. Jadi kalian yang suka foto-foto bisa langsung saja datang kesini ya.

Jembatan Kota Intan, Club Masak
Jembatan Kota Intan, Club Masak

Chinatown ( Glodok )

Wilayah Glodok adalah Chinatown versi Jakarta Barat. Seperti normalnya Chinatown, di sini anda dapat melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur khas China dan suasana seperti di China. Chinatown selalu identik dengan wisata kuliner dan wisata belanja, tidak terkecuali Glodok. Di sini anda dapat menemukan banyak sekali barang-barang murah dan unik, serta berbagai jenis makanan yang lezat mulai dari yang dalam pertokoan hingga yang di gerobak. Bagi yang beragama Islam, saya sarankan sebelum membeli makanan bertanyalah terlebih dahulu apakah makanan tersebut mengandung babi atau tidak, karena di daerah ini banyak makanan yang mengandung babi. Barang-barang yang dapat dibeli di daerah ini yaitu elektronik, DVD, sayuran, pernak-pernik China, obat-obatan tradisional, mainan, aksesoris, kacamata, makanan, minuman, alat-alat jahit, dan lain-lain. Hal unik yang ada di sini yaitu anda akan melihat beberapa orang masih menggunakan sempoa untuk menghitung di era kalkulator ini.

Chinatown ( Glodok ), Club Masak
Chinatown ( Glodok ), Club Masak

Berikut 8 tempat wisata yang ada di Jakarta Barat yang mungkin bagi anda yang belum tau sekarang anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel yang ada disini pastinya. Semoga bermanfaat dan semoga informasi bisa membantu anda.