Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Yogurt atau yoghurt merupakan salah satu susu yang memiliki rasa asam yang terbuat melalui proses fermentasi bakteri. jadi bisa dibilang yogurt merupakan susu yang dibasikan sehingga terkenal dengan sebutan susu asam atau susu basi. susu asam yogurt yang memiliki rasa asam dengan sedikit manis seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk camilan sehat sehari-hari. kenapa begitu? karena yogurt yang mengandung lactobicillus, vitamin B, mineral dan kaya akan protein ini di percaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi yogurt secara teratur disetiap harinya dapat memabantu menjaga metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit dan membantu memperlancar pencernaan. maka tak aneh lagi bila yogurt banyak dipakai sebagai salah satu menu diet yang sehat. misalnya dalam resep diet yogurt yang alami dan enak untuk menurunkan berat badan. dalam metode ini pelaku diet di tuntut mengkonsumsi yogurt segar setelah makan untuk membantu memperlancar buang air besar. Yogurt dengan rasa asam dipercaya membantu melancarkan buang air besar, sehingga dapat membantu program diet anda secara cepat. nah, itulah sedikit manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi yogurt. lanjut berbicara yogurt, yogurt sendiri memiliki banyak kreasi nya. dari Yogurt Cimory yang dibuat dari susu sapi segar atau Yogurt Plain Rumahan yang terkenal dengan sebutan Yogurt Homemade.

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Kunci membuat yogurt rumahan yang enak, segar dan sehat adalah ketika proses fermentasi bakteri pembuatan yogurt terjadi. jadi ketika anda memasukkan bakteri spesifik kedalam susu harus memperhatikan suhu temperatur dan kondisi lingkungannya. fermentasi gula susu atau laktosa yang terjadi akan menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu sehingga menghasilkan tekstur seperti gel yang mengental lembut dan tercium aroma khas Yoghurt. proses ini akan menghasilkan yogurt klasik dengan rasa original seperti rasa manis, asam dengan tekstur lembek yang lembut ketika disantap. Namun kini yogurt tidak melulu dengan rasa original saja. karena yogurt saat ini memiliki banyak kreasi rasa dan bentuknya. dari Yogurt Rasa Buah yang dibuat dari Yogurt Cimory dengan memasukkan Jus Buah pilihan ke dalamnya. Yogurt dengan rasa buah yang paling populer saat ini adalah Yogurt Mangga, Yogurt Strawberry, Yogurt Anggur, Yogurt Kiwi, Yogurt Jeruk, Yogurt Lemon, Yogurt Cherry dan aneka buah segar lainnya. selain Yogurt Buah, saat ini Yogurt juga dapat dikreasikan dengan coklat dan vanila yang menjadi Yogurt Coklat dan Yogurt Vanila, mantap.

Manfaat Yoghurt Untuk Tubuh Kita :

Bila di nilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidaklah kalah dengan  susu pada umumnya. Hal ini karena bahan dasar yoghurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :

  • Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare) karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi  yoghurt.
  • Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.

Es Yoghurt Popsicle

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Es krim popsicle emang paling cocok buat menghapus gerah dan dahaga kalau cuaca sedang panas terik. Tapi gimana ya, kalori dari pemanis buatan dan bahan-bahan berlemaknya bikin kamu mikir-mikir. Tapi dengan es yogurt popsicle ini, kamu nggak perlu was-was lagi

Bahan-bahan :

  • 240 gram yogurt tawar
  • 225 gram buah segar atau buah beku seperti strawberry, pisang, bluberi atau buah persik.
  • 2 sdm madu
  • 1 set cetakan es krim popsicle. Kalau tidak punya, bisa menggunakan cangkir-cangkir kertas kecil yang biasa buat piknik kok, guys.

Cara membuat :

  • Masukkan yogurt, bersama dengan potongan buah (pilih salah satu rasa), madu ke dalam blender atau food processor. Kemudian blender semuanya hingga halus tercampur rata.
  • Tuang adonan yang sudah jadi ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh lalu tutupi dengan stik penutupnya. Setelah itu masukkan cetakan es krimnya ke dalam freezer dan bekukan selama beberapa jam hingga adonan esnya mengeras. Siap deh untuk dinikmati.
  • Kalau kamu nggak punya cetakan, pakai cangkir-cangkir kertas/plastik kecil yang biasanya dipakai untuk piknik juga bisa. Biar stik es krimnya nggak miring-miring, buat penutup dari alumunium foil di bibir cangkir, kemudian bolongi sedikit bagian tengahnya. Lalu sisipkan deh stik es krimnya.

Es Mango Lessi Popsicle

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Menu es popsicle yang satu ini rasanya lebih mengejutkan karena ada rasa mangga yang eksotis. Bentuknya juga cakep banget, jadi nggak hanya enak dilahap tapi juga enak dilihat.

Bahan-bahan :

  • 2 buah mangga
  • 240 gram greek yogurt, kalau tidak punya boleh diganti yogurt tawar
  • 240 ml gula cair
  • Cetakan es krim popsicle atau cangkir kertas dan stik es krim

Cara membuat :

  • Kupas buah mangga, potong kecil-kecil, kemudian haluskan dengan blender bersama 1 sendok makan gula cair hingga teksturnya agak creamy.
  • Campurkan 120 gram yogurt dengan puree mangga dalam sebuah mangkuk. Tambahkan 120 ml gula cair dan aduk adonan ini hingga tercampur rata.
  • Dimangkuk yang terpisah, kocok 120 gram yogurt dan 120 ml gula cair yang tersisa menjadi satu.
  • Setelah itu masukkan kedua mangkuk, baik yang berisi adonan puree mangga dan yang berisi yogurt ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya agar nanti saat dimasukkan ke cetakan es krim, keduanya tidak mudah tercampur.
  • Tuangkan kedua adonan tadi, berganti-gantian ke dalam cetakan es krim kamu. Cara ini akan menghasilkan tampilan yang cantik pada es krim mango lassi-mu!
  • Masukkan dalam lemari es dan bekukan selama setidaknya 10 jam. Setelah itu siap dinikmati deh.

Kiwi Strawberry Popsicle

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Bahan-bahan :

  • 200 gram stroberi, buang tangkainya dan cincang kasar, sekitar 15 buah
  • 200 gram kiwi, sekitar 3 bua, kupas dan potong-potong
  • 150 gram gula bubuk, bisa pakai gula pasir biasa
  • 400 gram yogurt (1 pack yogurt)

Cara membuat :

  • Siapkan mangkuk, masukkan stroberi, kiwi dan gula. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit hingga stroberi layu dan gula menjadi lumer membentuk sirup. Aduk berulangkali hingga seluruh stoberi terlumuri oleh gula.
  • Masukkan stroberi beserta air sirupnya ke dalam blender atau food processor dan proses hingga halus. Tuangkan jus ke mangkuk. Masukkan yogurt ke dalam jus stroberi, aduk hingga rata.
  • Masukkan larutan yogurt dan buah ke dalam cetakan-cetakan popsicle. Jangan mengisinya hingga penuh karena ketika stik es masuk dan membeku, cairan akan meluber keluar cetakan. Bekukan ke dalam freezer hingga keras. Saya membekukannya selama semalam.
  • Untuk melepaskan popsicle dari cetakannya, diamkan beberapa saat atau basahi bagian luar cetakan dengan air panas hingga popsicle bisa terlepas dengan mudah.

Strawberry Frozen Yoghurt

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Bahan-bahan :

  • 2 kotak strawberry, sekitar 40 – 50 buah ukuran kecil, cincang kasar
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 pack plain yogurt (500 ml), saya memakai merk Biokul

Cara membuat :

  • Siapkan buah strawberry, cuci bersih dan buang tangkai dan daun buahnya. Cincang kasar. Saya menggunakan chopper untuk mencincangnya, anda bisa juga menggunakan  food processor.
  • Siapkan mangkuk mikser, masukkan yogurt, kocok hingga smooth saja. Masukkan susu kental manis dan lanjutkan mengocok hingga tercampur baik.  Matikan mikser.
  • Masukkan strawberry cincang, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula. Masukkan yogurt ke dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer selama semalam.
  • Keluarkan yogurt dari kulkas jika telah beku, letakkan sejenak di suhu ruang hingga sedikit lunak dan mudah disendokkan.

Dragon Fruit Popsicle

Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade
Aneka Olahan Yoghurt, Resep Yogurt Homemade

Bahan-bahan :

  • 100 gram buah naga
  • 1 kotak yoghurt cimory rasa strawberry kemasan 200 ml
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat :

  • Blender buah naga beserta yoghurt.
  • Tempatkan pada wadah es/ cetakan.
  • Tusukkan dengan stick es.
  • Masukkan kedalam freezer, tunggu semalaman.

Itulah Aneka Olahan Yoghurt yang dapat anda buat dirumah dengan memilih salah satu resep diatas tadi. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan selalu.