Peralatan Dapur Dari Alumunium, Club Masak
Peralatan Dapur Dari Alumunium, Club Masak

Aluminium banyak digunakan sebagai bahan pembuat perangkat rumah tangga, mulai dari panci di dapur sampai tempat sampah di kamar mandi, atau bahkan pada kaki meja dan kursi. Jadi, mengetahui cara membersihkan aluminium sangat bermanfaat bagi siapa pun. Masalah utamanya adalah aluminium mudah menjadi kusam dan berubah warna serta mudah tergores oleh produk pembersih. Meskipun demikian, membersihkan bahan ini tanpa merusak penampilan fisiknya sebenarnya mudah. Baca terus untuk mengetahui cara memanfaatkan bahan-bahan rumah tangga harian yang bisa dijadikan sebagai cairan pembersih aluminium. Ingat, selalu tes produk pembersih pada bagian yang tersembunyi terlebih dulu dan baca petunjuk pemakaiannya.

Yang harus kalian lakuan pada saat memulai anda harus melakukan 3 hal ini terlebih dahulu agar membersihkan dengan sempurna dan tidak ada noda yang masih menempel pada alat yang sudah kita bersihkan.

  • Larutan cuka dan air panas bisa dipakai untuk membersihkan perlengkapan memasak berbahan aluminium, namun cobalah pada area yang kecil dan tersembunyi terlebih dulu.
  • Air hangat dan sabun cuci piring cair yang efektif, seperti Sunlight, juga mampu melakukan tugas ini.
  • Gunakan bubuk soda kue dan kain mikrofiber untuk membuat aluminium berkilau.

 1. Membersihkan perlengkapan memasak berbahan aluminium

Jika Anda memiliki panci atau wajan berbahan aluminium yang ingin Anda bersihkan, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah cairan pembersih aluminium yang terbuat dari cuka putih dan air panas dengan komposisi 50:50. Setelah itu, ikuti panduan berikut ini:

Bagian dalam panci

  • Tuang cairan pembersih ke dalam panci atau wajan, taruh di atas kompor menyala, biarkan hingga mendidih, dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilas panci atau wajan dengan air bersih.

Bagian luar panci

  • Isi baskom dengan cairan pembersih, lalu tempatkan panci atau wajan di dalamnya hingga semua permukaan luarnya terendam cairan.
  • Diamkan selama 10 menit. Cairan pembersih akan melunakkan sisa-sisa masakan gosong sehingga mudah digosok menggunakan kain mikrofiber atau spons cuci piring.
  • Bilas dengan air bersih.
Membersihkan Panci Alumunium, Club Masak
Membersihkan Panci Alumunium, Club Masak

 2. Membersihkan aluminium dan mempertahankan kilaunya

Bagian tersulit dalam perawatan aluminium adalah mengembalikan kilaunya sekaligus memperkecil kemungkinan terjadinya goresan dan bercak air kering setelah dibersihkan. Kesalahan yang sering terjadi adalah memakai spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus untuk menggosok aluminium. Cara ini meninggalkan goresan permanen yang sangat sulit, atau bahkan tidak mungkin, dihilangkan. Lebih baik taburkan atau usapkan sedikit bubuk soda kue pada permukaan aluminium, lalu gosok memakai kain mikrofiber. Tidak perlu menggosoknya terlalu lembut. Gosokan yang disertai sedikit tekanan akan lebih cepat mengembalikan kilaunya!

Membersihkan Alumunium Supaya Terjaga Kilaunya, Club Masak
Membersihkan Alumunium Supaya Terjaga Kilaunya, Club Masak

3. Membersihkan aluminium yang punya lapisan noda

Jika Anda memiliki perangkat berbahan dasar aluminium yang berlapis noda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar membuat anda memudahkan untuk membersihkan alat alumunium anda dari noda:

  • Pada saat membuat cairan pembersih, selalu pilih sabun dengan pH netral. Bahan yang bersifat terlalu asam atau terlalu basa dapat menyebabkan karat pada lapisan anoda.
  • Hindari penggunaan apa pun yang bersifat abrasif pada benda berbahan aluminium karena bahan abrasif akan meluruhkan lapisan anoda.
  • Kain berbahan halus dan produk pembersih yang lembut merupakan peralatan terbaik untuk membersihkan aluminium berlapis noda.
Membersihkan Noda Yang Menempel, Club Masak
Membersihkan Noda Yang Menempel, Club Masak

4. Masalah utama dengan alat masak dari aluminium adalah perubahan warna. Beberapa langkah sederhana akan mengatasi masalah ini

  • Agar tidak mudah berubah warna, jangan rendam panci dan wajan dari aluminium terlalu lama dalam air bersabun.
  • Bila bagian dalam panci dan wajan telah berubah warna, kembalikan warnanya dengan cara mengisi panci dan wajan dengan air yang telah ditambahkan 1 sendok makan perasan air jeruk lemon untuk tiap 1 liter air. Panaskan air dengan api sedang sampai warna mulai kembali seperti semula.
Menjaga Agar Tidak Terjadi Perubahan Warna, Club Masak
Menjaga Agar Tidak Terjadi Perubahan Warna, Club Masak

5. Cara Alami Membersihkan Peralatan Dapur Alumunium

Jika anda ingin membersihkan alat dapur alumunium anda dengan bahan alami juga bisa dan sangat mudah juga cara membersihkannya. Yuk simak dibawah ini.

  • Cari kulit jeruk atau jeruk nipis, atau juga bisa kulit anggur.
  • Siapkan wadah bisa kaleng bekas yang sudah dibersihkan kemudian tuangkan air dan kulit jeruk tersebut dan rebuslah hingga mendidih.
  • Jika sudah kemudian angkat dan biarkan sejenak sampai hangat.
  • Gunakan air jeruk yang telah direbus tersebut untuk mencuci berbagai perabotan anda yang terbuat dari alumunium.
  • Jika sudah baru dibilas dengan air yang bersih kemudian keringkan.
Jeruk Nipis Cara Alami Untuk Membersihkan Alat Dapur Alumunium, Club Masak
Jeruk Nipis Cara Alami Untuk Membersihkan Alat Dapur Alumunium, Club Masak

Cara membersihkan aluminium memang tidak lepas dari beberapa alat pembersih yang sedikit kasar seperti wol baja, bubuk penggosok, atau abrasif lainnya. Apabila menggunakan bahan-bahan tersebut, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati karena dapat menyebabkan permukaan aluminium tergores. Selain itu, perhatikan juga untuk tidak membersihkan alumunium dengan menggunakan bahan abrasif pada saat masih sangat panas atau jika suhunya di atas 50 derajat fahrenheit.