Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom
Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom

Tidak usah menengok tampilannya yang penuh jamur. Namun rasakan saja ketika santapan ini telah dibuat menjadi beraneka macam hidangan yang jelas akan membuat ketagihan. Ditanggung saat itu juga anda akan lupa dengan tampilan sebelum diolah. Hanya segelintir orang yang tidak tahu dengan oncom. Makanan produk fermentasi ini sungguh tidak membangkitkan nafsu makan ketika mentah. Namun jika sudah dimasak, boleh dipastikan banyak orang yang akan kecanduan. Katakan saja keripik oncom yang kerap menjadi buah tangan dari kota Bandung. Masakan tumis oncom yang diolah bersama lenca, maupun makanan oncom goreng tepung. Kendati sederhana, namun mengenai citarasa, makanan ini tidak kalah dibanding jenis makanan lain. Oncom terbuat dari ampas tahu atau bungkil kacang yang difermentasi memanfaatkan jamur Neurospora sitophila alias jamur merah yang mengakibatkan oncom mempunyai warna kemerahan. Makanan dari Bandung ini ada 2 macam. Pertama, oncom merah yang sering ditemui di pasar pasar tradisional. Kedua ialah oncom hitam. Oncom hitam sering dijumpai di kawasan Bandung. Jika oncom merah memanfaatkan Neurospora sitophila dalam tahap fermentasinya, oncom hitam memanfaatkan ragi Rhizopus oligosporus. Di samping itu, oncom hitam terbuat dari bahan ampas kacang. Wajar apabila kedua jenis makanan itu harganya lumayan murah.

Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom
Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom

Oncom memang memiliki citarasa yang unik, tidak heran cara membuat oncom tradisional kini sering diburu untuk menyantap makanan tradisional khas Jawa Barat ini. Makanan yang diolah secara fermentasi dari bahan kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga citarasa yang lezat. Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit, hanya saja memang diperlukan waktu yang lama untuk membuat makanan ini untuk siap dihidangkan di meja makan anda. Tapi, kelezatan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya tentu akan sebanding dengan lama pembuatan dari oncom ini. Berikut tata cara dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan oncom secara tradisional.

Cara Membuat Oncom Secara Tradisional

 

Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom
Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom

Bahan-bahan :

  • 500 gram kacang tanah
  • 50 gram ragi oncom

Cara membuat oncom secara tradisional :

  • Cuci bersih kacang tanah, selanjutnya giling kasar sampai berupa bungkil.
  • Dengan menggunakan alat pres sederhana pres bungkil kacang tanah itu untuk meniadakan kadar minyaknya.
  • Buat bungkil kacang tanah itu jadi bentuk lempeng.
  • Bungkil kacang tanah kemudian direndam menggunakan air kurang lebih 7 jam hingga jadi bubuk oncom.
  • Tempatkan bubuk oncom dalam keranjang bambu agar kadar air meresap ke bawah dan biarkan semalam.
  • Bubuk oncom selanjutnya dikukus hingga empuk, berikutnya buat jadi bentuk persegi memanjang.
  • Biarkan oncom itu kurang lebih 12 jam.
  • Taburkan ragi oncom. Berikan alas dan penutup memakai karung bersih.
  • Biarkan hingga tumbuh kapang pada permukaan oncom.
  • Sesudah tumbuh spora jamur, iris oncom menurut selera dan tempatkan pada anyaman bambu hingga lumayan kering.
  • Oncom siap diolah menjadi berbagai masakan lezat berbahan oncom.

Oncom ini sangat cocok untuk menjadi teman makan lauk-pauk sehari-hari. Rasanya yang unik dan protein nabati yang baik bagi tubuh tentu akan menjadi makanan yang bernutrisi untuk keluarga. Anda bisa mengolahnya dengan menggoreng, rebus hingga dibuat campuran pada beberapa makanan. Sekian cara membuat oncom tradisional yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Berikut ini ialah manfaat oncom yang perlu anda ketahui :

Menjaga sistem pencernaan

Oncom memiliki manfaat sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, karena rafinosa dan stakhiosa sangat berperan atas gejala flatulensi yang muncul bila seseorang mengonsumsi kedelai maupun kacang tanah. Degradasi yang dilakukan oleh kapang saat proses fermentasi dapat menyebabkan beberapa oligosakarida sederhana seperti stakhiosa, sukrosa, serta rafinosa menurun pesat akibat aktifitas enzim a-galaktosidase yang dihasilkan kapang.

Mengurangi kolesterol

Makanan ini terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresisteroid tinja. Hal ini di sebabkan karena Para peneliti memriksa efesiensi oncom dalam efisiensinya untuk mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. mereka menggunakan tikus yang telah diberikan diet bebas kolesterol. Kemudian, Kandungan serat pada makanan ini dapat merangsang produksi rantai pendek asam lemak oleh mikroflora usus. Selain itu, Makanan ini sangat kaya akan protein. hal ini sangat berpengaruh pada pengurangan kolesterol yang disebabkan oleh efek kalboratif pepsin, isovlavon, aglikon serta protein.

Menjadi kekebalan tubuh secara nyata

Konsisten dalam mengonsumsi ocom setiap hari dapat mengakibatkan tubuh membenetuk senyawa yang mampu melindungi organ tubuh dari serangan jamur, virus, kuman bakteri, serta pantogen yang terbawa dari radikal bebas lewat obat-obatan, makanan, udara dan kondisi cuaca.

Dapat membersihakn darah

Kandungan retinol serta asam rerinoat yang ada pada ocom mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh. Sehingga mencegah timbulnya peradangan pada jerawat dan bisul-bisul yang disebabkan karena darah kotor. Kemudian, darah kotor cenderung diakibatkan karena kurang lancarnya darah mengalir secara normal pada seluruh jaringan organ di dalam tubuh.

Melindungi kesehatan rongga hidung

Kandungan yang ada di dalam ocom mampu menigkatkan kondisi tubuh selalu berada pada kondisi terbaiknya, terutama selaput lendir yang ada didalam rongga hidung agar tetap mampu menyaring oksigen yang kemungkinan membawa pertikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas.

Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom
Cara Membuat Oncom Secara Tradisional, Cara Membuat Oncom

Itulah Cara Membuat Oncom Secara Tradisional yang perlu anda ketahui, jangan lupa untuk mencoba membuatnya dirumah. Semoga bermanfaat.