Pancake, clubmasak.com
Pancake, clubmasak.com

Club MasakBelum bisa dikatakan sebagai anak kos kaffah jika belum pernah memasak. Begitulah kiranya menggambarkan betapa mandirinya anak kos dibelantara dunia ini. Memasak merupakan pilihan terbaik untuk berhemat dibanding beli makan di angkringan apalagi warung padang. Meski gitu, memasak sendiri tak melulu bikin selera makanmu menurun kok, asal kamu ngerti resep makanan berikut ini. Apa saja? yuk sini merapat.

Kentang Goreng, clubmasak.com
Kentang Goreng, clubmasak.com

Ga bosen kamu makan mie rebus terus, sekali-kalai kreatif dong. Bikin mie rebus kamu jadi omlet yang kaya akan nutrisi. Cukup campurkan mie instan yang sudah direbus dengan telur kemudian tambahkan Lombok, bawang merah, bawang putih dan garam. Kalau dak ada cukup garam sebenarnya sudah oke kok. Lantas goreng, bolak-balik hingga matang sempurna. mudah bukan. Yuk simak apa saja yang bisa jadi cemilan anak kost selain mie instant.

Steak Tempe

Jangan salah tempe diluar ngeri harganya jauh lebih mahal dari pada telur. Meski di Indonesia tempe harganya memang murah, tapi tidak akan pernah jadi murahan kalau kamu bisa berkreasi saat memasaknya. Sekali-kali bikin steak tempe. Caranya kukus tempe, kemudian tumbuk lembut dan uleni dengan bumbu. Bikin kotak-kotak atau sesuai dengan selera, baru di goreng. Jadilah steak tempe, murah tapi elegan. Nah anda bisa mencoba steak tempe jika anda sedang ingin membuat cemilan.

Steak Tempe, clubmasak.com
Steak Tempe, clubmasak.com

Namanya anak kos pasti pikir panjang kalau mau makan enak. Apalagi jika masih mengandalkan kiriman orangtua, duh pengen makan enak harus nunggu awal bulan. Contohnya makan steak tenderloin gitu, duh bisa-bisa jatah seminggu habis untuk sekali lahap.  Mau makan steak tapi dompet tetap aman? Kenapa nggak coba steak tempe? Selain lebih sehat juga murah meriah karena bisa dibuat sendiri di kos. Wah boleh juga tuh, gimana sih resepnya?

Bahan Membuat Steak Tempe :

  • 300 gr tempe, kukus 15 menit (haluskan)
  • 50 gr tepung roti
  • 2 butir telur
  • 2 butir bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • Margarin/minyak (untuk menggoreng)

Bahan saus:

  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdm kecap manis\
  • 1 sdm saus tomat
  • Lada gerus (jika suka) secukupnya (untuk taburan)

Cara membuat saus:

  • Tumis bawang bombay hingga beraroma harum, kemudian tambahkan saus tomat beserta kecap manis (jika suka, bisa juga anda tambahkan potongan cabai), Lalu aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan air secukupnya agar tidak sausnya terlalu kental.

Cara membuat steak tempe

  • Langkah pertama, campurkan tempe, tepung, telur, bawang, merica, bawang dan garam, kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan sedikit air (agar adonan dapat dibentuk)
  • Selanjutnya, ambil beberapa adonan, kemudian bentuk menjadi berbentuk bulatan ukuran sedang, setelah itu pipihkan dan usahakan agar adonan tidak pecah-pecah.
  • Berikutnya, panaskan minyak (sedikit saja). Lalu masukkan adonan dan bolak balik adonan agar seluruh permukaannya matang merata. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  • Terakhir, penyajian : taruh steak tempe di atas sebuah piring saji. Lalu tuangkan saus di atasnya sampai menutupi semua bagian steak. Kemudian taburkan lada hitam pada bagian atasnya (jika suka) dan jangan lupa, agar terlihat lebih menarik dan bergizi bisa ditambahkan kentang goreng dan aneka jenis sayuran

Pepes Tahu

Mencari tahu sama mudahnya mencari tempe, ya jenis makanan satu ini mudah kamu temukan dimanapun, apalagi dipasar. Pasti banyak. Meski tahu termasuk makanan yang murah tapi bukan murahan ini selain digoreng ternyata bisa dijadikan pepes tahu yang rasanya makyuss. Caranya mudah sekali, cukup kukus tahu kedalam ricecooker kamu. tunggu beberapa menit jadilah pepesan tahu.

Pepes Tahu, clubmasak.com
Pepes Tahu, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • 500 gram tahu putih
  • Daun Salam
  • Daun Kemangi
  • Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:

  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 5 cabai keriting
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula
  • 1 butir telur
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat:

  • Panaskan daun pisang terlebih dahulu. Sisihkan.
  • Campurkan bahan-bahan bumbu ke dalam blender. Proses hingga halus.
  • Lumatkan tahu dengan garpu hingga cukup halus atau Anda bisa menggunakan food processor. Kemudian, campurkan dengan bumbu halus dan aduk hingga merata.
  • Siapkan daun pisang, lalu masukkan adonan tahu dan tambahkan daun kemangi dan daun salam.
  • Kukus tahu selama 15-20 menit dengan api kecil-sedang hingga matang. Angkat dan sajikan Pepes Tahu selagi hangat.

Puding

Jajan, kamu butuh jajan, bahkan kamu justru menghabiskan banyak uang untuk jajan bukan makan, ada cokelat, ada es cincau atau cemilan lainnya. Jadi kebutuhan makan anak kos ternyata bukan Cuma nasi, lauk dan sayur, ada jajan juga. Dari pada uangmu habis dijajan, kamu bisa coba bikin puding sebagai ganti jajanmu. Cara bikinnya mudah, gunakan ricecookermu. Jadilah puding ala anak kos.  Jadi cara membuat puding ini sangat mudah sekali.

Puding, clubmasak.com
Puding, clubmasak.com

Puding Susu:

  • 400 Ml susu cair
  • 50 Gram gula pasir
  • ½ Bungkus agar-agar bubuk
  • 1 Sdt jeli bubuk
  • 75 Gram mangga segar, potong kotak kecil

Puding Mangga:

  • 100 gram daging mangga, blender halus
  • 300 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ bungkus agar-agar bubuk
  • ½ sdt jeli bubuk

Cara Membuat:

  • Puding Susu: Campur susu, gula, agar-agar dan jeli.
  • Masak sambil diaduk hingga mendidih.
  • Tuang di gelas-gelas tinggi hingga seperempat gelas.
  • Taburkan mangga, biarkan setengah beku.
  • Puding Mangga: Campur air, gula, agar-agar, dan jeli.
  • Masak sambil diaduk hingga mendidih.
    Tambahkan mangga, lalu aduk rata.
  • Tuang ke atas puding susu hingga ½ bagian.
  • Biarkan setengah beku, lapis lagi dengan puding susu dan taburan mangga hingga ¾ bagian.
  • Biarkan setengah beku.
  • Lapisi terakhir dengan puding mangga.

Kentang Goreng

Cara memasak makanan ini paling sederhana, cukup kentang iris sesuai keinginan, biasanya diiris seperti batang korek api, kemudian ditaburi tepung yang sudah dicampur dengan bumbu atau garam. Setelah itu goreng, tunggu sampai benar-benar matang. Jadilah kentang goreng ala anak kos yang lebih mantap dari pada beli di restoran fast food. Yang Paling mudah sekali membuatnya tidak perlu repot untuk membuat kentang goreng.

Kentang Goreng, clubmasak.com
Kentang Goreng, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • Kentang 500 gram (kupas, potong-potong bentuk korek api lalu cuci bersih)
  • Garam 1 sendok makan
  • Bawang putih 3 siung (geprek)
  • Tepung maizena 3 sendok makan
  • Air secukupnya (digunakan untuk merebus)
  • Air es secukupnya (digunakan untuk merendam kentang)
  • Minyak goreng (digunakan untuk menggoreng)

Cara membuat:

  • Langkah awal rebus air hingga mendidih lalu beri garam dan bawang putih geprek tadi. lalu masukkan potongan kentang kurang lebih selama 5 menit.
  • Setelah itu angkat dan tiriskan kentang, kemudian masukkan ke dalam air es hingga semua terendam kurang lebih selama 15 menit.
  • Jika sudah 15 menit, angkat dan tiriskan kentang. lalu taburi dengan tepung maizena hingga semua permukaan kentang rata.
  • Selanjutnya goreng kentang hingga berwarna kuning keemasan. angkat, tiriskan di atas tisu makan.

Simple Pancake

Mungkin sudah menjadi pertanyaan banyak orang yang menyukai pancake. Sebenarnya cara membuat pancake itu cukup mudah sekali asalkan anda memupunyai keinginan yang kuat dan bersabar. Pancake memang sangat cocok untuk hidangan keluarga. Terlebih lagi bila dikonsumsi pada waktu sarapan pagi, pancake akan terasa lebih nikmat.

Pancake, clubmasak.com
Pancake, clubmasak.com

Bahan -bahan:

  • 100 gr tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk olesan
  • Es Krim atau Sirup Maple ( untuk topping )

Cara membuat:

  • Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  • Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  • Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  • Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  • Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  • Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya

Itulah cemilan anak kost yang bisa kalian buat ketika bosan dengan menu yang itu-itu saja dan semoga resep cemilan ini berguna bagi anak-anak kost yang sedang mencari menu apa yang bisa mereka buat ketika kalian lapar dan tidak ingin makan mie instant lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.