Cemilan Bayi 9 bulan, clubmasak.com
Cemilan Bayi 9 bulan, clubmasak.com

Club Masak, Perkembangan bayi yang sehat selalu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Agar bayi tumbuh dengan optimal, sebaiknya para Ibu selalu memberikan nutrusi yang dapat membantu pertumbuhan lebih sehat. Seringkali para Ibu ingin segera memberikan cemilan untuk si kecil. Akan tetapi waktu yang paling tepat untuk memberukan cemilan bagi si kecil adalah saat usianya sudah menginjak 6 bulan keatas. Dengan begitu, nutrisinya akan tercukupi dengan baik. Setiap Ibu pasti berusahan memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati, khususnya saat usianya menginjak 9 bulan.

Sup Kentang, clubmasak.com
Sup Kentang, clubmasak.com

Ada beberapa pilihan cemilan sehat untuk bayi berusia 9 bulan. Para Ibu yang memiliki banyak waktu luang, bisa membuatnya sendiri karena sangat mudah. Masa pertumbuhan bayi yang sehat tentunya juga ditunjang dengan memberikan cemilan yang sehat. Bagi para Ibu tentu selalu ingin memberi cemilan terbaik untuk buah hatinya. Agar lebih aman dalam memberikannya, Ibu-ibu seringkali membuatnya sendiri karena lebih mudah dan aman untuk dikonsumsi bayi.

Bubur Beras Merah

Bubur Beras Merah, clubmasak.com
Bubur Beras Merah, clubmasak.com

Makanan yang dianjurkan untuk diberikan pada bayi biasanya berupa bubur agar lebih mudah untuk dicerna. Salah satu cemilan populer dan mudah dibuat adalah bubur beras merah. Beras merah sangat aman dikonsumsi untuk semua kalangan, terlebih untuk bayi. Pemberian nutrisi untuk bayi yang berumur kurang dari 1 tahun harus lebih diperhatikan agar lebih optimal. Kandungan nutrisi yang ada pada bubur beras merah sangatlah cocok untuk pencernaan bayi yang masih sensitif.

Sup Kentang

Sup Kentang, clubmasak.com
Sup Kentang, clubmasak.com

Kentang merupakan salah satu sumber energai yang bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, bahkan ini sangat aman untuk cemilan bayi. Kentang memiliki kandungan senyawa yang baik untuk diberikan pada bayi berumur 9 bulan. Kentang dapat ditemukan dengan mudah sehingga mudah untuk untuk membuatnya sendiri. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa para Ibu harus menumbuk kentang degan lembut untuk dijadikan sup, hal ini untuk memudahkan bayi dalam mencernanya.

Nasi Tim Brokoli Wortel

Nasi Tim Brokoli Wortel, clubmasak.com
Nasi Tim Brokoli Wortel, clubmasak.com

Nasi Tim merupakan salah satu jenis MPASI yang baik untuk bayi. Bahkan, para Ibu sebaiknya memberikan tambahan brokoli dan wortel agar lebih lengkap nutrisinya. Kandungan vitamin A pada wortel sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata agar selalu sehat. Dalam mencuci brokoli dan wortel harus benar-benar bersih agar lebih aman dikonsumsi bayi. Cemilan sehat sebagai pendamping ASI tidak harus mahal karena dapat dibuat sendiri asalkan pengolahannya juga dilakukan dengan lebih higienis.

 

Puding Biskuit

Puding Biskuit, clubmasak.com
Puding Biskuit, clubmasak.com

Selain bubur, alternatif lain yang bisa diberikan untuk cemilan bayi adalah puding biskuit. Bayi akan sangat senang jika diberi biskuit. Agar lebih bervariasi, sebaiknya berilah sikecil puding biskuit agar semakin senang dalam memakannya. Cara membuatnya juga mudah, yaitu dengan hanya menambahkan biskuit dalam adonan puding. Cemilan seperti ini memang wajib diberikan untuk bayi agar nutrisinya tercukupi selain ASI.

Bubur Kentang Tahu

Bubur Kentang Tahu, clubmasak.com
Bubur Kentang Tahu, clubmasak.com

Campuran tahun dan kentang memang cemilan sehat yang perlu diberikan pada bayi. Khusus para Ibu yang menginginkan tumbuh kembang bayi lebih optimal, sebaiknya selalu sediakan bubur kentang tahu karena mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh bayi usia 9 bulan. Kentang memang kaya manfaat, terlebih untuk bayi karena mengandung karbohidrat yang akan memenuhi kebutuhan gizinya.

Pergerakan bayi pada usia 9 bulan sudah sangat aktif. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk merangkak dan berusaha mengambil segala sesuatu yang dilihatnya. Seiring dengan pergerakan bayi yang semakin aktif maka kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya semakin bertambah. Tekstur makanan untuk bayi usia 9 bulan harus lebih kental. Hal ini untuk memberikan stimulasi pertumbuhan gigi pada bayi.

Anda harus memperhatikan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Sumber makanan yang diberikan untuk bayi harus senantiasa mengandung zat gizi yang seimbang untuk menunjang pertumbuhan bayi. Menu makanan yang disajikan harus bervariasi dan bernutrisi sehingga nafsu makan bayi tidak akan terganggu. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai menu makanan untuk bayi 9 bulan.