Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo
Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo

Es mambo merupakan jenis minuman dingin dan beku yang disajikan dalam sebuah plastik kecil. Orang Jawa menyebut es satu ini dengan “es kucir”. Sebutan tersebut mengacu kepada ujung plastik es ini yang diikat alias dikucir. Es mambo sebenarnya bukan merupakan olahan kuliner yang baru. Menurut catatan sejarahnya, minuman satu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan sejak awal Indonesia mendapatkan kemerdekaannya.

Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo
Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo

Menjadi minuman yang lawas, tidak membuat es mambo tersingkirkan dari hati masyarakat. Malahan, penggemar dari es satu ini semakin hari semakin bertambah banyak. Penggemarnya sendiri tidak hanya berasal dari anak-anak, tetapi para remaja dan orang tua pun juga menyukai. Sejak awal kemunculannya, es mambo ini dibuat dari satu rasa saja. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini es mambo sudah bisa kita nikmati dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa yoghurt, tape singkong, buah, sirup, nanas, strawberry, rujak, coklat, susu, ketan hitam, kacang merah, durian, dan masih banyak lagi. Kepopuleran dari es mambo tidak akan pernah terlepas dari peran para pedagang kaki lima. Mengingat jaman dahulu para pedagang kaki lima menjajakan minuman satu ini dengan cara berjualan keliling kampung. Saat ini pun sebenarnya es mambo masih dijajakan oleh pedagang kaki lima, namun sekarang untuk menemukannya cukup sulit, terutama di daerah perkotaan. Hal ini tidak lain karena maraknya minuman es yang lebih modern seperti es krim dan sejenisnya. Berikut ini ialah Resep Es Mambo Kacang Ijo yang dapat anda buat dirumah.

Resep Es Mambo Kacang Ijo

Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo
Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo

Bahan-bahan :

  • Kacang hijau 50 gram, direndam dalam air semalaman, ditiriskan
  • Tepung kanji 2 sendok makan, beri sedikit kemudian kita larutkan
  • Santan kelapa 500 ml atau jika tidak ada bisa diganti susu cair
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Daun pandan 1 lembar
  • Jahe 2 cm, dimemarkan
  • Garam setengah sendok teh
  • Air sebanyak 300 ml, untuk merebus
  • Plastik es ukuran panjang 12 kantong atau 25 ukuran pendek

Cara membuat es mambo :

  • Kita siapkan panci untuk memanaskan air lalu kita campurkan kacang hijau yang telah direndam semalaman, daun pandan, jahe, gula pasir, dan garam kemudian kita rebus dan masak hingga airnya menyusut kemudian sisihkan.
  • Setelah itu kita rebus santan atau susu cair beserta larutan tepung kanji, kita aduk-aduk terus agar santan tidak pecah dan masak sampai mendidih, kemudian angkat dan didinginkan.
  • Sesudah rebusan santan menjadi dingin kemudian kita tuangkan kuah santan kedalam kacang hijau yang sudah dimasak menjadi bubur, lalu kita aduk-aduk hingga rata dan menjadi adonan lembut atau licin.
  • Sesudah menjadi adonan yang lembut kita tuangkan adonan bubur kacang hijau kedalam kantong plastik gunakan dengan corong dan ikat ujungnya, lakukan hingga adonan bubur kacang hijau habis, setelah itu kita masukan kedalam freezer atau kulkas hingga membeku dan menjadi es, es mambo kacang hijau sudah siap dinikmati.

Manfaat kacang hijau yang perlu anda ketahui :

Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki senyawa untuk memerangi infeksi virus. Zat ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel yang memicu kanker payudara. Zat di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel tumor. Menurut medicalnewstoday.com, senyawa karsinogenik memicu masalah kanker. Kacang hijau mengandung jumlah tinggi klorofil, yang mampu memblokir efek karsinogenik, yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi. Apabila Anda menyukai makanan yang dipanggang, bahkan hingga cenderung hangus, maka selain konsumsi kacang hijau, pastikan juga Anda dan keluarga rutin konsumsi sayuran hijau untuk mengurangi risiko kanker.

Mengobati anemia (kurang darah)

Kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi.

Menurunkan berat badan

Kacang hijau disarankan dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Hal itu karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak di dalam kacang hijau, sehingga kacang hijau dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu tetap jangan lupa melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Menurut gethealthygethot.com, dengan kandungan serat yang sangat tinggi, kacang hijau benar-benar membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti membuat Anda cenderung untuk konsumsi lebih sedikit kalori. Serat dari kacang hijau juga membantu mengatur kadar gula darah, mempromosikan kesehatan pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, membersihkan usus Anda dan mencegah kembung. Kacang hijau juga sangat rendah kalori, membuat kacang hijau sempurna sebagai makanan yang sering dikonsumsi, karena tidak membuat gemuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta kacang hjau membuat tubuh merasa kenyang.

Menurunkan kolesterol

Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu meurunkan kadar kolesterol. Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

Mengatasi diabetes

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya bahwa kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo
Resep Es Mambo Kacang Ijo, Resep Es Mambo

Itulah Resep Es Mambo Kacang Ijo yang dapat anda buat dirumah. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan selalu.