Jamu Cabe Lempuyang Resep Jamu Untuk Kecantikan, Club Masak
Jamu Cabe Lempuyang Resep Jamu Untuk Kecantikan, Club Masak

Ramuan tradisional atau jamu ini sudah dimanfaatkan oleh orang dahulu kita untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan juga menjaga penampilan agar tetap cantik alami. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti rempah asli Indonesia, membuat ramuan tradisional ini menjadi sangat mudah karena kita bisa mendapatkan bahannya di sekitar kita. Rempah khas Indonesia yang biasa dipakai untuk membuat ramuan tradisional antara lain kunyit, jahe, cengkeh, kencur, temu lawak, kayu manis, asam jawa, beberapa dedaunan misalnya daun sirih, daun pepaya, daun sambiloto, daun jambu biji dan masih banyak lagi yang lain. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa membutuhkan peralatan yang khusus. Agar hasilnya maksimal, kita bisa memilih bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas baik, dan bahkan banyak orang yang menanamnya sendiri dirumah. Kita bisa saja menanam tanaman kunyit, jahe dan rempah lain secara mudah dalam pot di halaman rumah.

1. Jamu Cabai Lempuyang Untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami berikutnya adalah Jamu Cabai Lempuyang. Jamu ini terasa pedas, segar dan sedikit getir. Khasiat jamu cabai lempuyang ini antara lain mengatasi pegal-pegal tubuh yang biasanya terjadi di punggung, meredakan nyeri pinggang, mencegah anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan lancarnya peredaran darah maka badan akan terasa segar sehingga kulit wajah kita akan berseri-seri.

Jamu cabai lempuyang ini dibuat dari campuran cabe puyang, temu ireng, temulawak, daun adas, jahe, kunyit, merica, kedawung, keningar, pulosari, kudu, asam jawa, kunci, dan ditambah pemanis dari gula merah, gula putih atau madu. Cara membuatnya yang pertama adalah menghaluskan semua bahan dan direbus dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat, dinginkan sebentar kemudian saring. Ramuan tradisional ini bisa diminum hangat, ataupun disimpan di lemari es untuk dikonsumsi dingin. Jika disimpan dalam lemari es, jamu cabai lempuyang ini tahan selama satu minggu.

Jamu Cabe Lempuyang, Club Masak
Jamu Cabe Lempuyang, Club Masak

2. Jamu Pahitan Untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional untuk memancarkan kecantikan alami berikutnya adalah Jamu Pahitan. Sesuai dengan namanya, jamu ini berasa pahit. Banyak orang tidak menyukai jamu ini karena rasanya yang pahit. Tapi dibalik rasanya yang kurang enak, terdapat banyak manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain menambah nafsu makan, menurunkan resiko diabetes, menurunkan kadar kolesterol darah, melancarkan peredaran darah dan mengatasi pegal-pegal.

Untuk kecantikan, jamu pahitan ini bisa membantu menghilangkan jerawat, gatal-gatal pada kulit dan mengatasi bau badan yang tidak sedap. Untuk membuat jamu pahitan ini, rebuslah brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, adas, dan bahan rempah yang lainnya. Rebus sampai air rebusan menyusut jadi setengahnya, dan ramuan ini tidak ditambahkan gula sebagai pemanis. Untuk penawar rasa pahit, minumlah ramuan beras kencur, kunyit asam atau jamu sinom.

Jamu Pahitan, Club Masak
Jamu Pahitan, Club Masak

3. Jamu Brotowali Untuk Kecantikan Alami

Jamu brotowali mungkin banyak yang mengenalnya karena rasanya pahit luar biasa. Jamu yang baik untuk mengobati diabetes ini ternyata juga baik untuk untuk kecantikan. Dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah, brotowali dapat mengatasi jerawat dan menghilangkan bopeng di wajah. Semakin sering Anda menggunakannya semakin cepat jerawat atau bopeng bekas jerawat hilang. Anda bisa meraciknya dengan cara daun di hancurkan lalu ditambahkan air untuk dijadikan masker, dan bisa jika untuk jamu rebus daun brotowali dan setelah direbus angkat kemudian peras daun brotowali yang sudah di rebus hingga mendidih tadi, setelah itu jamu brotowali siap untuk diminum.

Brotowali, Club Masak
Brotowali, Club Masak

4. Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan Alami

Ramuan tradisional yang bermanfaat untuk memancarkan kecantikan alami kita yang pertama adalah jamu kunyit asam. Jamu ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, meredakan peradangan, melancarkan siklus haid dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh. Untuk membuatnya, kita bisa memilih kunyit yang berukuran besar dan masih segar. Hal ini bisa dilihat dari warna kekuningan dari kunyit yang cerah, tidak ada bagian yang busuk atau berlubang. Bahan lain yang diperlukan adalah asam jawa dan gula merah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih kunyit dari kotoran dan tanah yang menempel. Buang bagian kulit yang menghitam atau kita juga bisa mengupas seluruh kulitnya.
  • Setelah bersih, parut kunyit
  • Rebus parutan kunyit bersama asam jawa dan gula merah
  • Biarkan air rebusan sedikit menyusut, cicipi rasanya. Bisa ditambahkan gula merah bila dirasa kurang manis, atau asam jawa untuk menambah rasa asamnya. Bila rasa sudah pas, saring air rebusan agar terpisah antara air dan ampasnya
  • Jamu kunyit asam siap diminum ketika hangat, ataupun ditambahkan dengan es batu agar tambah segar
  • Minumlah secara teratur agar khasiatnya lebih terasa
Kunyit Asam, Club Masak
Kunyit Asam, Club Masak

5. Jamu Beras Kencur Untuk Kecantikan Alami

Beras kencur adalah jamu favorit dari anak-anak sampai dewasa. Rasanya yang segar dan manis membuat beras kencur sangat disukai dan menjadi minuman penawar pahit setelah meminum jamu yang lain. Selain segar, beras kencur juga bermanfaat membantu membentuk tubuh agar tetap ramping, dan lainnya. Salah satu khasiat jamu beras kencur juga mengatasi jerawat pada kulit wajah. Konsumsi jamu beras kencur dapat membantu mengatasi munculnya jerawat dan memberikan tampilan wajah menjadi lebih baik dan segar. Sebagaimana kita tahu bahwa jerawat seringkali muncul pada wanita yang memasuki masa puber. Oleh karena itu, konsumsi jamu beras kencur ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 ons kencur,
  • 1 ruas jahe (bisa diganti dengan kunyit jika anda mempunya masalah dengan maag)
  • 1 sdm asam jawa (bisa dilewati jika anda mempunyai penyakit maag)
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 ons gula jawa
  • 1 genggam beras putih

Bisa juga ditambahkan beberapa rempah sesuai selera dan kebutuhan anda misalnya seperti biji kedaung yang sangat baik untuk permasalah perut seperti perut kembung dan diare juga masalah tenggorokan.

Cara membuat jamu beras kencur adalah sebagai berikut

  • Rendam beras dengan air selama semalam. Angkat lalu sangrai beras hingga kering. Haluskan menggunakan blender atau giling hingga berbentuk seperti tepung. Sisihkan.
  • Parut kencur dan jahe atau kunyit. Bisa juga blender hingga halus. Kemudian seduh dengan air panas.
  • Tambahkan asam jawa dan gula jawa. aduk rata
  • Diamkan beberapa saat sampai terbentuk endapan dari jahe atau kunyit dan kencur.
  • Saring air campuran asam, jahe atau kunyit dan kencur. Ambil airnya dan tambahkan gula pasir
  • Siap dihidangkan baik dalam keadaan dingin atau hangat.
Jamu Beras Kencur, Club Masak
Jamu Beras Kencur, Club Masak

Itulah beberapa manfaat dari jamu tradisional untuk kecantikan alami. Selain bahan-bahannya alami dan mudah di dapat di pasar, dengan menggunaka jamu tradisional ini berarti kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya luhur yang telah diwariskan dari para pendahulu kita. Selain itu jamu-jamu tradisional kita ternyata memang sudah diakui khasiatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Itu sebabnya mulai banyak perawatan di salon-salon kecantikan menggunakan metode tradisional sebagai perawatan andalan di tempat mereka.