Lumpia Basah dan Kering, Club Masak
Lumpia Basah dan Kering, Club Masak

Pada awal kemunculannya, lumpia terdiri dari 2 varian yang berbeda yakni lumpia basah dan kering. Lumpia basah memiliki tekstur yang lebih lembek dan lembut di mulut. Sedangkan untuk lumpia kering memiliki tekstur renyah dan bahkan krispy. Kedua varian tersebut sama-sama menawarkan rasa nikmat yang berbeda-beda bagi para pecintanya. Cita rasa dari lumpia sendiri jika kita perhatikan mirip dengan rasa camilan khas Indonesia tetapi agak ada aura Tionghoa sedikit. Hal tersebut memang benar, sebab pembuat lumpia sendiri berasal dari orang Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia asli, kemudian mereka menetap di Semarang Jawa Tengah.

Lumpia Basah dan Kering, Club Masak
Lumpia Basah dan Kering, Club Masak

Bukan sebuah rahasia umum lagi kalau sekarang ini kue lumpia telah menjadi salah satu jajanan yang populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang nikmat dan harga murah, membuat camilan satu ini banyak diminati oleh berbagai lapisan masyarakat. Baik anak-anak ataupun dewasa, masyarakat kecil ataupun berduit semuanya menyukai lumpia. Biasanya lumpia banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima di tepian-tepian jalan yang ramai. Terutama saat Ramadhan tiba, para penjual lumpia ini sangat mudah sekali kita temui. Anda bisa berkunjung ke Semarang untuk mencicipi kelezatan dari lumpia, sebab di sanalah kue khas satu ini berasal. Nah sekarang anda tidak perlu jauh-jauh karena anda bisa membuatnya sendiri dirumah

Resep Kulit Lumpia Basah

Bahan-bahan:

  • 325 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur ayam, dikocok
  • 2 sdt garam, atau sesuai selera masing-masing
  • 625 ml air putih/ air santan agar lebih gurih
  • 4 sdm minyak goreng cukup

Cara membuat:

  • Langkah pertama campurkan antara tepung terigu dengan garam dalam sebuah wadah. Aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur merata. Masukanlah telur ayam yang sudah dikocok tadi ke dalam tepung terigu. Sambil memasukan telur berikan adukan dan tuang air/santan sedikit demi sedikit.
  • Selanjutnya masukan minyak goreng secukupnya ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk lagi sampai tercampur secara merata. Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 15 s.d 20 menitan agar mengembang.
  • Setelah itu, panaskan teflon atau wajan yang sudah diolesi dengan minyak sedikit. Dadar adonan tadi seperti ketika Anda mendadar telur, usahakan ketebalan dari kulit lumpia tersebut pas. Gunakanlah api kecil sampai sedang saja agar kulit lumpia tidak mudah gosong. Setelah matang, angkat dan gunakan ketika sudah dingin.

Lumpia Basah dan Kering, Club Masak
Lumpia Basah dan Kering, Club Masak

Resep Kulit Lumpia Kering

bahan-bahan:

  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdt garam cukup sesuaikan selera
  • 2 butrir telur ayam, ambil putihnya saja
  • 3 sdm minyak sayur untuk olesan/ bisa diganti dengan mentega

Cara membuat:

  • Terlebih dahulu siapkan sebuah wadah untuk nantinya kita mencampur adonan lalu campurkan antara tepung terigu dan garam sampai merata. Setelah tercampur secara merata, masukan putih telur yang telah dipersiapkan tadi. Aduk-aduk sampai membentuk adonan agak encer.
  • Agar semua bahan dapat tercampur secara sempurna, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30-40 menitan. Selanjutnya, panaskan teflon atau wajan yang sudah diolesi dengan minyak goreng sedikit saja (seperti menumis).
  • Setelah panas, dadarlah adonan yang telah kita buat tadi. Gunakan api sedang saja agar tidak mudah gosong. Apabila pada bagian pinggir dari dadaran tersebut sudah kering dan mengelupas, angkat dan tiriskan sebentar.
Lumpia Basah dan Kering, Club Masak
Lumpia Basah dan Kering, Club Masak

Sebenarnya cara membuat kulit lumpia basah dan kering itu hampir sama, hanya saja untuk lumpia kering Anda harus memasaknya lebih lama sedikit dan adonannya lebih tipis. Hal ini bertujuan agar kulit lumpia kering bisa lebih renyah dan crispy. Sekarang anda bisa membuat kulit lumpia sesuai selera anda, dan yang pasti membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah sekali didapat. Selamat mencoba dirumah ya dan semoga resep ini bermanfaat bagi kalian yang sudah melihat dan membaca resepnya.