Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol

Ketemu lagi di resep yang satu ini yaitu semur jengkol. Siapasih yang gak tahu jengkol? Semua pasti tahu. Hidangan yang banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Walaupun bau khas jengkol sering menjadi hal yang tidak terlalu disukai oleh beberapa orang, namun ternyata buah ini mempunyai kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, bahkan serat yang bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Anda pun tidak akan menemukan kesulitan dalam mencari buah ini untuk mendapatkan khasiatnya. Sebelum kita mulai memasak semur jengkol, kali ini clubmasak memiliki tips agar jengkol yang kita masak tidak bau guys. Mau tahu? Ini dia caranya.

Menggunakan Air Kapur Sirih

Nah, cara yang satu ini dianggap paling mudah nih untuk menghilangkan bau jengkol. Kita cukup merendam jengkol yang belum dimasak ke dalam air kapur sirih, lalu dimakan selama semalam. Setelah satu malam bau yang ada dalam jengkol akan berkurang atau malah bisa jadi hilang.

Menggunakan Rebusan Air Kapur Sirih

Kalau cara yang ini adalah tahap lebih lanjut dari cara sebelumnya. Jika kita sudah merendam jengkol semalaman di dalam air kapur sirih tapi baunya masih belum hilang juga. Cobain aja direbus di dalam air kapur sirih, setelah itu baru jengkolnya digepengin sampai terbelah setengah.

Menggunakan Daun Jeruk

Cara ini dilakukan saat kita sedang merebus jengkol sebelum dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Saat kita merebus jengkol masukkan juga potongan daun jeruk kedalamnya. Aroma yang ada pada daun jeruk akan mengurangi atau bisa jadi menghilangkan bau khas dari jengkol.

Menggunakan Abu Gosok

Merebus jengkol dengan menambahkan abu gosok yang biasa buat cuci piring juga bisa menghilangkan bau jengkol. Rebus jengkol menggunakan air yang sudah ditambahkan dengan abu gosok Rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit, baru setelah itu ganti air untuk merebus dengan air dingin dan diamkan semalam.

Menggunakan Daun Salam

Cara ini hampir sama dengan yang menggunakan daun jeruk. Pertama rebus air sampai mendidih, setelah itu baru masukkan daun salam dan jengkol secara bersamaan.

Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara ini sebenarnya sama kayak kalau kita menggunakan daun jeruk dan daun salam sih. Cukup rebus jengkol dan daun jambu biji, tambahkan satu sendok makan daun teh juga.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau jengkol saat masih dalam bentuk jengkol. Lha terus gimana kalau setelah kita makan? Ada nggak cara biar baunya juga hilang? Tenang-tenang, setelah kita makan pun ada kok cara untuk menghilagkan bau jengkol pada air kencing atau mulut kita. Hal ini mungkin dilakukan kalau kita makan jengkol di warung atau rumah makan, yang jengkolnya nggak kita masak sendiri.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dan Bau Air Kencing Karena Jengkol

Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol
Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol

Makan Timun

Setelah kita makan jengkol, agar mulut dan air kencing kita nggak bau, makanlah mentimun dah minum air yang banyak.

Minum Kopi

Kalau mau menghilangkan bau mulut dan air kencing dengan menggunakan kopi. Minumlah kopi setelah 30 menit kamu mengonsumsi jengkol.

Minum Kecap

Minum satu sendok makan kecap manis setelah kamu makan jengkol

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh jengkol. Semoga cara-cara tadi berhasil ya, selamat mencoba.

Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss

Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol
Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol

Bahan-bahan :

  • 500 gram jengkol
  • 1 batang serai digeprek
  • 3 cm lengkuas digeprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 3 butir cengkeh
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk (merica/sahang)
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 7 sdm kecap manis
  • 350 ml air untuk kuah
  • Air secukupnya dan 16 lembar daun jambu biji/klutuk untuk rebusan jengkol
  • secukupnya minyak untuk menumis bumbu

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 butir kemiri
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabe merah besar

Cara membuat semur jengkol :

  • Kupas kulit jengkol dan cuci bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya bersama 8 lembar daun jambu selama 60 menit. Buang daun jambu dan air rebusan pertama, ganti dengan air dan 8 lembar daun jambu yang baru lalu rebus kembali selama 60 menit hingga jengkol menjadi empuk.
  • Angkat dan tiriskan jengkol, kemudian geprek-geprek namun tidak usah terlalu kuat hanya agar bumbu dapat meresap sempurna.
  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, cengkeh, lengkuas dan serai hingga harum. Masukkan air dan jengkolnya serta aduk rata, setelah mendidih beri garam, pala, lada, kaldu bubuk dan kecap manis, aduk rata.
  • Masak hingga kuah mengental dan agak surut, jangan lupa aduk sesekali agar matang merata. Angkat dari wajan kemudian semur jengkol sudah siap untuk disajikan.

Kalian juga harus tahu nih guys manfaat dari jengkol itu apa?

  • Membantu pembentukan jaringan tubuh
  • Mencegah penyakit anemia
  • Menguatkan gigi dan tulang
  • Mencegah radikal bebas
  • Mengobati penyakit jantung koroner
  • Melangsingkan tubuh
  • Mencegah diabetes
  • Obat penyempitan pembuluh darah
  • Mengatasi sembelit yang dirasakan oleh ibu hamil
  • Membantu pertumbuhan janin
Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol
Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss, Resep Semur Jengkol

Itulah Resep Semur Jengkol Khas Betawi Maknyusss yang dapat anda coba buat dirumah.semoga bermanfaat guys.