Pisang Molen, clubmasak.com
Pisang Molen, clubmasak.com

Club Masak, Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia. Buah pisang mudah di dapatkan pada semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.

Roti Goreng Ice Cream, clubmasak.com
Roti Goreng Ice Cream, clubmasak.com

Manfaat buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya yang penting, seperti: vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Berikut ini manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Jadi pisang memang memiliki banyak manfaat dan anda ingin membuat cemilan dengan berbahan pisang dengan mudah. Yuk simak resep dan cara membuatnya dibawah ini.

Piscok ( Pisang Cokelat )

Buat kamu yang udah keseringan membuat pisang goreng dan ingin ada variasi lainnya, kenapa nggak mencoba pisang goreng coklat (piscok)? Dengan rasanya yang lebih enak dan kriuk-kriuk nih, dijamin kamu jadi semakin bersemangat menjalani aktivitas seharian deh. Jadi anda bisa membuatnya dirumah dengan mudah dan disajikan sebagai cemilan saat anda sedang melakukan sesuatu dirumah.

Piscok, clubmasak.com
Piscok, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • 16 buah kulit lumpia.
  • 8 buah pisang.
  • Meses secukupnya.
  • Susu kental manis secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:

  • Belah pisang memanjang menjadi 2. Lalu letakkan 1 belahan di atas kulit lumpia dan diujung kulitnya.
  • Taburi meses dan tuangkan sedikit susu kental manis di atasnya.
  • Setelahnya, kamu dapat gulung olahan tersebut secara perlahan dan goreng dengan posisi gulungan yang terbuka di bawah.
  • Setelahnya angkat dan tiriskan. Piscok buatnmu siap dinikmati deh.

Roti Bakar Pisang Meses

Ingin variasi pisang yang lainnya? Kamu bisa membuat roti bakar pisang meses lho. Biar perutmu semakin kenyang dan bisa mengganti sarapanmu di pagi hari lho. Ini sangat mudah dan sangat simpel yang bisa anda lakukan dirumah. Yuk simak resepnya dibawah ini.

Roti Bakar Isi Pisang Meses, clubmasak.com
Roti Bakar Isi Pisang Meses, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • 4 buah roti tawar, sesuai selera.
  • 1 buah pisang raja matang, dikupas dan diiris tipis.
  • Keju parut, secukupnya.
  • sachetsusu kental manis.
  • Meses sekucupnya.
  • Margarin, secukupnya.

Cara Membuat:

  • Pertama-tama kamu bisa oleskan roti dengan margarin, lalu bakar samapi warna kecoklatan. Kemudian oles lagi dengan margarin namun sedikit saja.
  • Taburi roti yang udah dibakar tadi dengan meses secukupnya dan merata.
  • Pisang yang udah disiapkan potong-potong tipis dan letakkan ke dalam roti. Tutp dengan roti satunya dan bakar sebentar, lalu diangkat.
  • Kalau udah, taburi roti dengan keju parut dan siap disajikan.

Roti Pisang Keju

Yang ingin ada rasa gurihnya lebih banyak dibanding manisnya, kamu bisa menikmati roti pisang keju nih. Asalkan keju parutnya jangan diparut tipis-tipis, tapi dipotong kecil-kecil. Biar rasa gurihnya lebih terasa dibanding manisnya. Harus banget kalian coba karena rasanya enak dan cara membuatnya pun sangat mudah sekali.

Roti Pisang Keju, clubmasak.com
Roti Pisang Keju, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • ½ sisir pisang raja tua, nggak lembek
  • 750 gr tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • 100 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instan 1 bungkus
  • ½ sdt garam halus
  • 2 butir telur
  • 250 cc air hangat
  • 50 gr mentega
  • 100 gr keju parut
  • 50 cc susu cair
  • 1 kuning , dikocok

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan garam. Lalu aduk hingga merata dan masukkan telur. Kemudian aduk, tuangi dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga air habis.
  • Tambahkan margarin, uleni lagi hingga adonan bisa dibentuk dan nggak lengket di tangan. Bulatkan adonan dan diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
  • Adonan dikempiskan lalu bagi menjadi adonan yang beratnya 100 gr. Setiap adonannya dibentuk bulat lagi dan diamkan lagi selama 25 menit.
  • Pipihkan setiap adonan, kemudian isi dengan sepotong pisang dan taburi bersama keju parut yang di potong kecil-kecil, lalu tutup dan bentuk sesuai selera.
  • Kamu harus pastikan isi roti ada di tengah-tengah. Letakkan adonan tersebut di atas loyang yang udah diolesi dengan margarin dan diamkan biarkan lagi selama 30 menit.
  • Sambil menunggu, kamu dapat mengocok kuning telur dan campurkan dengan susu cair, aduk hingga rata lalu sisihkan.
  • Olesi permukaan adonan dengan campuran kuning telur, lalu panggang di dalam oven yang telah dipanaskan hingga matang.
  • Hidangkan roti selagi hangat atau panas. Roti pisang keju buatanmu siap disajikan deh.

Roti Goreng Ice Cream

Kamu tentu familiar dong dengan roti goreng ice cream? Nah, ingin memberikan nuansa roti gorengnya yang berisi pisang. Agar cemilanmu semakin banyak pilihan, simak yuk resep roti goreng pisang berikut ini. Anda harus coba membuatnya dirumah karena sangat mudah sekali dan bisa anda sajikan sebagi cemilan teman bersantai dirumah.

Roti Goreng Ice Cream, clubmasak.com
Roti Goreng Ice Cream, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang kapok, dibelah 2 memanjang.
  • 4 lembar roti tawar tanpa kulit, gilas dan tipiskan.
  • 1 butir telur, diambil putihnya.
  • Tepung panir secukupnya.
  • Meses dan keju secukupnya (untuk isian).

Cara Membuat:

  • Kamu dapat memulai menata pisang untuk diletakkan di tengah roti, taruh isiannya dan gulung.
  • Agar merekat, gulungan roti tadi celupkan pada putih telur. Jangan lupa juga gulingkan ke tepung panir.
  • Panaskan minyak, lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan.
  • Roti goreng pisang buatanmu siap disajikan deh.

Keripik Pisang

Ingin olahan pisang yang nggak terlalu mengeyangkan tapi rasanya kayak keripik? Tenang, kamu bisa kok membuat keripik pisang keju untuk menemani aktivitasmu di sore hari. Biar semakin semangat karena krenyes-krenyesnya mampu memabukkan kamu. Nah jika anda mungkin iseng dan kepingin buat cemilan sendiri dirumah bisa membuatnya dirumah.

Keripik Pisang, clubmasak.com
Keripik Pisang, clubmasak.com

Bahan-bahan untuk Membuat Keripik Pisang:

  • Buah pisang sebanyak 10 buah, biasanya jenis yang digunakan adalah pisang ambon
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kapur sirih sebanyak 1 sdt
  • Air sebanyak 2 liter

Cara membuat:

  • Pertama-tama anda harus memotong pisang menjadi tipis-tipis. Biasanya pisang dipotong dengan bentuk menyerong.
  • Siapkan wadah untuk mencampur air dan kapur sirih. Setelah itu aduk hingga kapur sirih larut di dalam air.
  • Rendam potongan pisang di dalam air kapur sirih. Tunggu kira-kira 30 menit.
  • Jika sudah lewat 30 menit, angkat pisang kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Setelah itu tiriskan.
  • Siapkan wajan dan minyak goreng. Untuk menggoreng keripik pisang, maka minyak goreng yang digunakan harus menutupi seluruh bagian pisang. Goreng pisang hingga berwarna kecoklatan, kemudian tiriskan.
  • Setelah ditiriskan dari minyak, anda bisa menaburi keripik pisang dengan garam.

Anda tidak perlu menambahkan gula jika rasa pisang sudah manis. Maka dari itu biasanya dipilih pisang yang sudah matang. Tetapi ada juga tips yang menyebutkan sebaiknya menggunakan pisang yang hampir matang. Ciri-cirinya yaitu masih berwarna agak hijau. Jika anda masih mau menambahkan gula, maka itu tergantung dengan selera anda. Keripik pisang memiliki rasa yang manis tetapi juga gurih. Anda bisa menyimpan keripik pisang di dalam toples untuk dimakan ketika sedang santai atau dihidangkan untuk tamu. Simpan di tempat yang kering agar keripik pisang buatan anda tidak melempem. Bagaimana? Mudah sekali kan untuk membuat keripik pisang? Demikianlah resep keripik pisang yang enak dan renyah, sekarang anda sudah bisa membuat cemilan ini untuk keluarga di rumah.

Pisang Molen

Supaya cemilanmu bisa dibawa-bawa tanpa memberatkan, bikin yuk pisang molen mini. Rasanya yang fantastis nggak akan mengecewakanmu saat lagi lapar-laparnya dan butuh makanan pengganjal perut.

Pisang Molen, clubmasak.com
Pisang Molen, clubmasak.com

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu
  • 30 gr margarin
  • Air secukupnya
  • 5 buah pisang

Cara Membuat:

  • Campurna tepung, margarin, dan air sampai kalis dan diamkan hingga 30 menit.
  • Giling secara tipis menggunakan alat seperti kayu atau botol.
  • Lilitkan adonan tersebut pada pisang yang sebelumnya udah dipotong kecil-kecil memanjang. Setelahnya dapat kamu goreng hingga kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan ya.
  • Pisang molen mini kamu udah siap dihidangkan deh.

Gimana sangat mudah sekali bukan cara membuat cemilan berbahan dasar pisang yang bisa anda buat dirumah untuk disajikan pada keluarga tercinta anda. Jadi jika anda bosan dan membuat menu yang itu-itu saja bisa anda buat berbagai macam sesuai selera anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah ya.