Nugget Ayam, Club Masak
Nugget Ayam, Club Masak

Nugget ayam memiliki rasa yang gurih dan lezat tentunya menjadi daya tarik si kecil untuk memilih nugget sebagai lauk teman makan nasinya. Namun, Ibu sebaiknya memperhatikan si kecil agar tidak terlalu sering mengonsumsi nugget ayam beku. Sebagai alternatif, Ibu dapat mencoba cara membuat nugget ayam di rumah. Selain dapat dikreasikan bahan lain yang menyehatkan, seperti sayuran, tentunya nugget ayam yang Ibu olah sendiri tentu lebih sehat dan bergizi. Tidak perlu bingung. Tengah malam terbangun dan ternyata lupa makan di sore hari nya? Mau makan masakan semua sudah habis dan malas untuk keluar rumah? Atau mungkin teman teman pernah mengalamin anak anak susah buat makan dam bosan dengan masakan bunda di rumah? Ya, itu memang masalah klasik di tengah kita. Untuk itu, biasanya keluarga di Indonesia menyediakan masakan setengah jadi yang bisa dengan cepat di olah di saat genting, salah satunya adalah Nugget Ayam.

Tips cara membuat nugget ayam di rumah

  1. Bagian ayam yang dijadikan nugget

Daging ayam terbaik yang dapat dijadikan nugget ada pada bagian paha. Bagian paha ayam membuat rasa nugget yang Ibu buat menjadi lebih gurih. Apabila Ibu ingin menambahkan bagian kulit, hindari mencampurkannya secara berlebihan karena akan mengurangi tampilan nugget yang lezat dan menarik.

  1. Suhu daging ayam

Cara membuat nugget ayam dimulai dengan mencampur daging ayam, tepung terigu, serta telur. Saat diadoni, daging ayam sebaiknya dalam keadaan yang cukup dingin. Mengapa? Suhu dingin pada daging ayam akan membuat tekstur nugget ayam menjadi lebih renyah.

  1. Proses pengadukan

Saat diaduk, daging ayam perlu sesekali dibanting. Pengulenan dihentikan ketika tepung dimasukkan ke dalam adonan. Hindari pula mencampur tepung secara berlebihan karena akan membuat tekstur nugget ayam menjadi kurang lembut serta cenderung keras.

  1. Pengukusan nugget ayam

Setelah diaduk dengan tepung terigu dan telur, cara membuat nugget ayam berikutnya adalah mengukus nugget ayam. Nugget harus dikukus dengan kondisi api sedang. Api yang terlalu kecil akan membuat tekstur nugget menjadi keras, sedangkan api yang terlalu besar akan membuat tampilan nugget menjadi keriput.

  1. Proses panir nugget

Tepung panir merupakan kunci utama pada tampilan nugget buatan Ibu. Ada tiga jenis tepung panir yang dapat Ibu campur agar menghasilkan nugget yang menggugah selera makan. Pertama, tepung panir kasar agar tekstur nugget renyah. Kedua, tepung panir halus agar hasil proses panir menjadi lebih rata. Ketiga, tepung panir oranye untuk menghasilkan nugget ayam yang berwarna menarik. Untuk proses panir terbaik, gulingkan adonan nugget ayam ke dalam tepung panir, kemudian celupkan dalam putih telur, dan gulingkan lagi ke dalam tepung panir.

Resep Nugget Ayam

Bahan-bahan:

  • 550 gr daging giling ayam segar
  • 4 butir telur ayam
  • 6 bagian/siung bawang putih
  • Lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa sedikit atau bisa dihilangkan kalau tidak ingin menggunakaannya (untuk garam nanti ditambahkan sedikit supaya rasanya tetap gurih).
  • 1 sdt garam dapur yang beryodium.
  • 7 pcs roti tawar putih. Hilangkan bagian coklat pinggirannya.
  • Margarin secukupnya untuk olesan loyang.
  • 165 gram tepung roti untuk lapisan luar nugget tepung roti
  • 3 butir telur ukuran besar.

Cara membuat Nugget Ayam Enak:

  • Siapkan satu wadah kecil berisi air matang untuk merendam 6 pcs roti tawar di atas. Tunggu sampai lembek, peras pelan pelan dan ambil ampasnya.
  • Ambil satu wadah ukuran cukup besar. Masukkan 500 gram daging ayam, 5 siung bawah putih yang sudah dihaluskan, lada secukupnya, penyedap rasa dan garam dapur. Campur dan uleni pakai tangan sampai tercampur dengan rata.
  • Masukkan ampas roti dan masukkan ke dalam adonan di atas. Campur dan aduk dengan tangan sampai rata.
  • Pecahkan 2 butir telur ayam dan campur ke dalam adonan di atas sampai semua bagian tercampur dengan rata.
  • Ambil loyang dan olesi dengan margarin. Masukkan adonan di atas dan ratakan di atas loyang (bentuk pipih setebal kurang lebih 1-1.5 cm).
  • Kukus loyang kurang lebih 20 menit sampai 25 menit dengan api sedang cenderung kecil. Setelah matang dinginkan di suhu ruangan.
  • Ambil lagi satu wadah kecil. Masukkan 2 butir telur ayam dan kocok.
  • Siapkan tempat yang agak besar dan tuang Tepung Roti di atasnya.
  • Potong adonan Nugget Ayam yang sudah dingin sesuai dengan selera. Masukkan ke dalam wadah telur kemudian masukkan ke dalam wadah Tepung Roti. Gulirkan sambil agak di tekan sampai semua bagian tertutup Tepung Roti.
Nungget Ayam, Club Masak
Nungget Ayam, Club Masak
Nugget Ayam, Club Masak
Nugget Ayam, Club Masak

Setelah proses terakhir, Nugget Ayam bisa langsung di goreng atau disimpan di Freezer untuk di gunakan keesokan harinya. Anda bisa menambahkan sayuran, keju, ikan salmon, udang dan bahan lainnya untuk memberikan variasi dan rasa yang beda. Ada beberapa macam variasi makanan ini yang tersedia di pasaran, seperti Nugget Ikan, Nugget Salmon, Nugget Sayur, Nugget Tahu, Nugget Daging Sapi dan lain lainnya. Bahkan untuk resep membuat nugget ayam pun bisa menhasilkan beberapa variasi, seperti resep nugget ayam keju, nugget ayam pelangi, resep nugget ayam sayuran dan yang lainnya. Memang selain praktis, salah satu variasi menu olahan daging ayam ini juga gampang sekali di dapat di supermarket ataupun mini market yang banyak tersebar di sekitar kita. Masalah harga memang tergantung kantong masing masing, tetapi kalau kita bisa membuat nugget sendiri, tentu hasilnya bisa benar benar kita kontrol kualitas hasil jadinya dan bahan bahan yang akan digunakan. Untuk itu kali ini saya akan mengajak teman teman untuk belajar cara membuat Resep Nugget Ayam Enak dan Sehat.